Connect with us

Covid-19

Astaga, 47 Karyawan Diduga Dari United Tractor Long Loreh Malinau Positif Covid-19

tutur Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy. (Ft. Dok)

Newstara.com TANJUNG SELOR – Sebanyak 47 orang karyawan perusahaan yang diduga dari PT United Tractor di Long Loreh Kabupaten Malinau dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hasil pemeriksaan uji test Sweb PCR di Klinik Tirta Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sampel sebelumnya dikirimkan pihak perusahaan secara mandiri, setelah diketahui salah satu karyawannya positif Covid-19.

Sebelumnya, pihak perusahaan melakukan pengambilan uji Sweb kepada 70 orang karyawannya. Namun, yang dinyatakan positif sebanyak 47 orang yang merupakan warga Long Loreh Malinau, sehingga Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara mencatat penambahan pasien positif di Kabupaten Malinau.

“Sampel sebelumnya dikirimkan oleh pihak perusahaan, ke uji laboratorium PCR Klinik Tirta di Kabupaten Berau, Kaltim dan sampel dikirim ada 70 tapi hanya 47 orang yang dinyatakan positif,” tutur Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaimantan Utara (Kaltara), Agust Suwandy pada Sabtu siang, (25/07/2020).

“Kami tidak menyebutkan inisial dan usia, kami hanya mengkategorikan saja yakni dari 47 orang pasien positif itu, diantaranya laki-laki sebanyak 45 orang dan 2 orang merupakan perempuan,” sambungnya.

Agust Suwandy mengatakan seluruh karyawan yang dinyatakan positif tersebut juga sudah dilakukan isloasi mandiri oleh perusahaan dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau dan Puskesmas setempat.

“Jadi pasien positif yang dirawat di Malinau sebanyak 48 orang, karena 1 orang yang sebelumnya sudah dinyatakan poisitif terlebih dahulu,” tutur Agust Suwandy.

Selain dari Malinau, penambahan pasien positif juga terjadi di Kabupaten Bulungan sebanyak 1 orang dengan inisial LWJ (L) usia 45 tahun, dimana sebeumnya pasien telah melakukan perjalanan dari kota Surabaya dan menjadi PDP di Kabupaten Bulungan.

“Sehingga kami simpulkan bahwa di Kaltara akumulasi pasien positif seluruhnya sebanyak 266 orang, dengan pasien sembuh sebanyak 212 orang, 2 orang meninggal dan pasien yang masih dirawat sebanyak 51 orang,”

“Juga ada 2 orang pasien sembuh, dari Tarakan 1 orang inisial AMB (P) 20 tahun riwayat perjalanan keluar daerah dan 1 orang dari Tana Tidung inisial IWS (L) 33 tahun yang merupakan transimi lokal,” tutupnya.

Rincian Laporan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara :

1. Pasien Positif 266 orang se-Kaltara
a. Tarakan 88 orang
b. Malinau 82 orang
c. Nunukan 44 orang
d. Tana Tidung 7 orang
e. Bulungan 45 orang

2. Pasien Meninggal 17 Pasien se-Kaltara
a. Pasien Positif dari Bulungan 2 orang
b. PDP 15 orang

3. Pasien Sembuh Covid-19 sebanyak 212 orang
a. Tarakan 89 orang
b. Malinau 34 orang
c. Nunukan 44 orang
d. Tana Tidung 6 orang
e. Bulungan orang

4. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) se-Kaltara 6 orang
a. Tarakan 0 orang
b. Malinau 4 orang
c. Nunukan 2 orang
d. Tana Tidung 0 orang
e. Bulungan 0 orang

5. ODP (Orang Dalam Pemantauan) se-Kaltara 187 orang
a. Tarakan 176 orang
b. Malinau 2 orang
c. Nunukan 1 orang
d. Tana Tidung 7 orang
e. Bulungan 1 orang

6. OTG (Orang Tanpa Gejala) se-Kaltara 196 orang
a. Tarakan 49 orang
b. Malinau 112 orang
c. Nunukan 0 orang
d. Tana Tidung 0 orang
e. Bulungan 35 orang

Reporter: Abd Syukur

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 47 Orang Positif Covid-19, Ini Pernyataan Resmi PT United Tractors Loreh Malinau – NEWSTARA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Covid-19