Ini dia Penyebab Gempa 6,1 SR Guncang Tarakan

| 5056 Views
id Ini dia Penyebab Gempa 6,1 SR Guncang Tarakan
Ini dia Penyebab Gempa 6,1 SR Guncang Tarakan

www.newstara.com - TARAKAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tarakan mengatakan gempa bumi yang mengguncang Kota Tarakan dan sekitarnya disebabkan karena adanya aktivitas gempa bumi kerak dangkal, dengan jenis intraplate dengan hiposenter dangkal. Ini disebabkan karena sesar yang cukup aktif. Sehingga sangat relevan jika hasil analisis mekanisme sumber gempa bumi dari patahan mendatar.

Prakirawan BMKG Tarakan, Wiliam Sinaga menyebutkan tanah dengan kondisi tektonik di bagian timur pulau Tarakan memang cukup kompleks, sehingga zona tersebut menjadi kawasan paling rawan gempa bumi di pulau Kalimantan. Struktur geologi sesar yang turun kerawanan, dan gempa bumi di zona ini juga terjadi karena struktur sesar yang mendatar.

Zona gempa berada di pertengahan wilayah Kabupaten Nunukan dan Tarakan serta berdampak dengan wilayah lainnya, karena tektonik tersebut diapit oleh tiga sistem sesar yang mendatar. Sementara, sebelah selatan yang terdapat dua sistem sesar yang ber arah barat daya-tenggara, yaitu zona sesar mengkalihat dan zona sesar maratua.

"Zona sesar Mangkalihat merupakan sesar kelanjutan dari sesar Palu-Koro yang melintas dekat Kota Tanjung Redeb, keberadaan zona sesar Maratua juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, karena ujung sesar ini terletak di lautan yang lokasinya berdekatan dengan Kota Tanjung Selor," tuturnya pada Senin siang, (12/21/2015).

Sementara, di sebelah utara pulau Tarakan juga terdapat zona sesar sempurna yang melintas dari laut Sulawesi hingga Sabah Malaysia, dan melintasi kawasan yang berdekatan dengan pulau Sebatik

"Saat ini kami belum dapat memastikan struktur sesar yang membangkitkan gempa bumi ini," ujarnya.

Karena gempa bumi ini memiliki episenter di daratan dengan mekanisme sesar mendatar, maka gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa yang mengguncang Tarakan dan sekitarnya ini berkedalaman 10 kilometer, dengan kordinat gempa pada 3.61 Lintang Utara, 117.67 Bujur Timur Selatan. Sedangkan lokasi gempa berjarak 29 kilometer laut Tarakan, dengan kekuatan 6.1 SR.

Reporter: Yoga Prayogo


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK