Marthin Billa Akhirnya Dibebaskan Polda Kaltim

| 3868 Views
id Marthin Billa Akhirnya Dibebaskan Polda Kaltim
Marthin Billa Akhirnya Dibebaskan Polda Kaltim

www.newstara.com - BALIKPAPAN - Kuasa Hukum Marthin Billa Andi Syafrani menegaskan kliennya saat ini sudah dibebaskan, setelah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sekitar 20 jam oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) Polda Kaltim. Sebelumnya, Calon Wakil Gubernur Kaltara dari nomor urut 1 ini, dituduh terlibat dalam aksi gerakan massa anarkis dan merusak serta membakar kantor Gubernur Kaltara hingga 3 unit mobil dinas pada minggu lalu.

"Iya pak Marthin Billa ditahan Polda Kaltim pada 22 Desember 2015 sekitar pkl 14.30 WIB di Jakarta, dan langsung dibawa ke Polda Kaltim," tutur Syafrani kepada newstara.com pada Rabu sore, (23/12/2015) melalui selulernya.

Andi menjelaskan kronologis penangkapan Marthin Billa, dimana yang bersangkutan yang merupakan Cawagub Kaltara telah ditahan oleh Polda Kaltim, dan diduga telah melakukan pembakaran dan penghasutan serta dikenakan pasal 187 KUHO Jo pasal 55 (1e) KUHP dan pasal 170 KUHP Jo pasal 55 KUHP dan pasal 160 KUHP Jo pasal 55 KUHP yang dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kalimantan Timur, Direktorat Reserse Kriminal Umum untuk kasus kerusuhan di Tanjung Selor pada tanggal 19 Desember 2015 lalu.

Namun, penangkapan dan penetapan status tersangka terhadap Marthin Billa dilakukan tanpa prosedur yang benar, tanpa pemberitahuan, dan tanpa menghormati posisi Marthin Billa yang sedang menjalani proses Pilkada.

"Saat ini pak Martin telah dilepas namun masih berstatus sebagai tersangka, dan kami meminta agar Kepolisian segera membuat SP3 terkait status pak Marthin karena kami yakin beliau tidak pernah terlibat dan melakukan dugaan pidana yang dituduhkan, yaitu sebagai aktor di belakang kerusuhan kemaren," tutur Andi.

Andi juga meminta Kepolisian untuk bekerja secara profesional dan tetap memperhatikan situasi politik di Provisi Kaltara, karena dikhawatirkan justru tindakan kepolisian bisa membuat gaduh situasi politik dan keamanan yang sudah kondusif.

"Pasangan Jusuf Marthin adalah pejuang Kaltara yang pastinya sangat dan ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan mengamankan situasi Kaltara," ujarnya.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK