Begini Cara "Selimau Park" Gelar Lomba Memancing Mania

| 972 Views
id Begini Cara "Selimau Park" Gelar Lomba Memancing Mania
Begini Cara
Begini Cara "Selimau Park" Gelar Lomba Memancing Mania. (Foto: Yoga/Newstara)

www.newstara.com - TARAKAN - Seorang warga Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Sumitro kabarnya berhasil menjuarai perlombaan memancing se-tingkat Kalimantan Utara yang digelar di Selimau Park. Bahkan, pemancing mania ini berhasil menyingkirkan lawannya setelah menangkap ikan terberat yaitu 2,8 kilogram. Dengan demikian, hadiah uang tunai Rp 3 juta pun di kantonginya.

Lomba memancing di Selimau Park itu di ikuti sekitar 36 orang dan diberikan waktu sekitar tiga jam untuk mendapatkan tangkapannya. Ada sejumlah kriteria yang diperlombakan, mulai dari pemancing yang tercepat dan terbanyak mendapatkan ikan. Namun, point terbesar adalah pemancing yang berhasil mendapat ikan paling berat dari peserta lainnya.

Tidak ada yang spesial dari seorang Sumitro, mata pancing dan umpannya pun terlihat sama dengan para pemancing lainnya. Namun, buah kesabaran dan ketekunan lagi-lagi menjadi keunggulan bapak 3 anak ini. Saat melemparkan palet lunak ke kolam pun tidak ada yang spesial, namun beberapa saat kemudian dirinya berhasil mendapat 2 ekor ikan mas dan ikan patin, dengan berat masing-masing 4,8 ons dan 2,8 kilogram. 

"Sejak masih remaja, saya memang suka mancing, banyak memang perlombaan saya ikuti, untuk peralatan dan umpan juga saya gunakan sama dengan yang lainya, tapi untuk bisa mendapatkan ikan selain faktor keberuntungan sabar dan tekun menjadi modal utama. Kalau ikut lomba sering kemana-mana mas, paling jauh ke Madura dan Derawan," ujarnya.

Sumitro berharap, perlombaan memancing ikan di air tawar dan air asin bisa dijadikan agenda tahunan dan harus sesering mungkin dilaksanakan dan bisa di fasilitasi oleh Pemerintah. Karena mampu meningkatkan kunjungan wisata bahari, apalagi jika digelar lomba memancing nasional dan mengundang seluruh emancing mania dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara, CEO Selimau Park yang juwa Wakil Walikota Tarakan, Khaeruddin Arief Hidayat mengatakan lomba memancing di wahana permainan Selimau Park ini, merupakan sebagai bentuk dan upaya pelestarian hobi, sekaligus olahraga memancing. Karena Provinsi Kaltara di kelilingi pulau-pulau yang eksotis, sehingga aktifitas memancing bukanlah hal yang baru bagi masyarakat di Kaltara.

"Pesertanya cukup banyak, ada dari Berau, Bulungan, Tarakan dan sekitarnya, Kaltara pada umumnya. Selain hadiah yang telah disiapkan, kita juga membagi doorprice berupa TV, Kulkas, mesin cuci, dvd, kipas angin dan lain sebagainya. Sehingga hampir semua peserta mendapatkan hadiah," ujarnya.

Sebelumnya, panitia menyediakan hadiah jackpot berupa 1 unit sepeda motor bagi peserta yang mampu mencapai nilai tertinggi. Namun, sayang sekali dari 36 peserta yang mengikuti lomba memancing, tidak satupun yang mencapai nilai tertinggi yang ditentukan panitia.

Reporter: Yoga Prayogo


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI