Ini dia Daftar Nama Gubernur dan Wakil Gubernur yang Dilantik Jokowi

| 1175 Views
id Ini dia Daftar Nama Gubernur dan Wakil Gubernur yang Dilantik Jokowi
Ini dia Daftar Nama Gubernur dan Wakil Gubernur yang Dilantik Jokowi

Newstara.com - JAKARTA - Irianto Lambrie dan Udin Hianggio pada hari ini di jadwalkan akan di lantik pada hari ini, Jumat siang, (12/02/2016) sekitar pukul 02.00 WIB menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara untuk periode 2016 hingga 2021. Pasangan ini di lantik bersamaan dengan 7 pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Pasal 163 yang digelar secara serentak pada tanggal 09 Desembr 2015 lalu serta memiliki kekuatan hukum tetap.

Sementara, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan kepala daerah ini yang telah terpilih atas keinginan dan kehendak rakyat untuk tidak membawa terlalu banyak rombongan untuk menghadiri seremonial tersebut.

"Kalau bisa cukup Gubernur, wakil dan beserta istri, lalu sekretaris daerah (sekda) dan pimpinan DPRD saja," tuturnya pada hari Jumat pagi, (12/02/2016).

Mendagri mengatakan pelantikan itu hanya sekedar simbol seremonial, sehingga tidak terlalu fokus kepada euforia kemenangan. Sementara, tugas sudah menunggu para kepala daerah untuk bekerja dan mensejahterakan masyarakat.

Setelah pelantikan Gubernur dan Wakilnya maka giliran Bupati dan Walikota di masing-masing provinsi. Dan Pelantikan itu akan langsung dipimpin oleh Gubernur atau Wakilnya pada hari Rabu (17/02/2016) nanti.

"Kan Gubernur dulu dan Wakilnya yang dilantik, nanti baru Bupati dan Walikota, yang melantik yah Gubernur di provinsi nya masing-masing, dan nanti mereka akan di undang ke Istana Negara untuk mendapat pengarahan dari Presiden dan sejumlah kementerian terkait," tutur Mendagri.
 
Ini dia Daftar Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik:
 
1. Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor dan Wagub Rudi Resnawan
2. Gubernur Jambi Zumi Zola dan Wagub Fachrori Umar
3. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit
4. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven Octavianus
5. Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani dan Wagub Nurdin Basirun
6. Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie dan Wagub Udin Hianggio
7. Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan Wagub Rohidin Mersyah 

Reporter: Mufreni


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI