Alhamdulillah, Tahun Ini Pemprov Kaltara Terima 2.400 CPNS

| 8097 Views
id Alhamdulillah, Tahun Ini Pemprov Kaltara Terima 2.400 CPNS
Alhamdulillah, Tahun Ini Pemprov Kaltara Terima 2.400 CPNS

Newstara.com - TANJUNG SELOR - Presiden RI Joko Widodo sudah memberikan lampu hijau dan pengecualian kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi guru, tenaga medis dan lainnya untuk tahun 2016 ini. Bahkan, Biro Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kaltara langsung sigap dan menyusun formasi dalam laporan electronic formasi milik Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bukan hanya itu saja bahkan Pemprov menambah peralatan komputer untuk CAT sebanyak 50 unit.

"Dilihat dari Anjab dan ABK yang kita susun, kebutuhan hingga 2019 mendatang kan 6.020 pegawai, jadi setiap tahun kita harus terima 1.200 pegawai. Namun, karena tahun lalu kosong maka tahun ini kita usulkan terima 2.400 pegawai, pendataannya juga sudah kita masukkan ke e-formasi Kemenpan," tutur Kepala Bagian Diklat Pegawai Hamsi kepada Newstara.com

Menurutnya, usulan formasi pada 29 Februari 2016 itu juga khusus untuk kebutuhan tenaga pendidik tingkat menengah, yakni guru SMA sederajat dan SMK sederajat, dan saya meyakini akan mendapat respon positif dari Kemenpan RI di Jakarta.

"Kita ini kan butuh sekali dengan tenaga guru, itu salah satu yang paling penting untuk membangun Kaltara, dan ini juga sudah sesuai dengan permintaan pak Irianto kepada Presiden RI saat berkunnjung minggu lalu," tuturnya.

Sementara, P3D belum dilimpahkan dengan UU Nomor 32 tahun 2014 maka dalam melakukan pendataan dari jumlah kebutuhan guru di Kaltara, namun BKD tengah mempersiapkan penerimaan tersebut.

"Kita sudah tambah sekitar 50 unit komputer untuk pelaksanaan CAT. Jadi komputer yang disediakan Pemprov nanti semua ada 85 unit dari sebelumnya 35 unit," ujarnya.

Penerimaan CPNS dari formasi guru ini mencakup pada jabatan fungsional khusus, umum maupun tenaga teknis, dan dilakukan penempatan untuk seluruh wilayah di Provinsi Kaltara terutama untuk wilayah perbatasan dan pelosok.

"Kami dalam waktu dekat akan menemui Kemenpan di Jakarta dan menelusuri surat permohonan usulan formasi CPNS 2016 itu, dan langsung ikut memeriksa apakah data-data yang sudah kami upload itu sudah masuk 100 persen atau ada masih yang kurang,"tuturnya.

Reporter: Wahyu Setyaningsih


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK