Ini dia Daftar Akan Ada Penerimaan CPNS 2016 di Kaltara

| 2824 Views
id Ini dia Daftar Akan Ada Penerimaan CPNS 2016 di Kaltara
Ini dia Daftar Akan Ada Penerimaan CPNS 2016 di Kaltara

Newstara.com TARAKAN - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) kabarnya akan tetap merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Namun, jumlah perekrutan belum bisa dipastikan sebelum dilakukan pembahasan Forum Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi (FK3) PANRB serta perhitungan formula atas jumlah penduduk, besaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga besaran anggaran belanja pegawai yang masih dibawah 50 persen.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi menyebutkan pemerintah daerah Provinsi Kaltara baru memiliki anggaran belanja pegawai masih dibawah 50 persen atau hanya sekitar 9 persen. Sehingga, masih dimungkinkan untuk penerimaan CPNS baru untuk sektor-sektor tertentu, antara lain untuk penerimaan PNS bidang atau instansi untuk auditor dalam rangka peningkatan penerimaan pajak, ilmu statistik, Intelegan negara, Akademi Polisi (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG).

"Jadi ini termasukk CPNS untuk analis hukum, analis tata negara, CPNS sektor pangan, infrastruktur, guru dan medis, namun untuk para pendukung dibidang umum untuk sementara tidak ada, atau masih moratorium," tuturnya pada Rabu siang, (18/05/2016) di VVIP Bandara Juwata Tarakan.

Yuddy mengatakan dirinya belum mengetahui berapa jumlah penerimaan CPNS untuk bidang tenaga pengajar dan medis di Provinsi Kaltara, hanya saja dengan beralihnya integrasi guru-guru SLTA yang masuk ke Pemprov Kaltara maka akan dibahas lebih lanjut. Sehingga, dengan kebijakan moratorium tersebut maka tidak semua bidang dan instansi atau kedinasan melakukan penerimaan CPNS.

"Nanti kita liat dan saya belum bisa memastikan atau menyetujui pengajuan CPNS dari Pemprov Kaltara, namun secara keseluruhan yang diajukan akan kita lihat baik dari jabatan struktural, fungsional karena semua ada rumusnya, mulai dari jumlah penduduk, instansi perankat daerah dan idealnya ada berapa, kalau kurang maka berapa kurangnya, dan apakah itu skala prioritas tahun ini atau masih ditunda tahun depan, tapi kalau kurang maka harus diadakan dan tenaga guru serta medis juga," tuturnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Provinsi Kaltara Irianto Lambrie mengatakan bahwa wilayah perbatasan di Kaltara masih membutuhkan guru atau tenaga pengajar hingga tenaga medis sebanyak 5 ribu orang CPNS. Ini untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan sektor pendidikan dan kesehatan di Kaltara.
 
"Kita masih membutuhkan tenaga pengajar dan medis di perbatasan, masih banyak sekolah-sekolah yang hanya punya guru 1 atau 2 orang dan mengajar hingga beberapa sekolah," tuturnya.  

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI