Ini Daftar Alokasi Dana Perbatasan dan Pelosok di Malinau-Kaltara

| 800 Views
id Ini Daftar Alokasi Dana Perbatasan dan Pelosok di Malinau-Kaltara
Ini Daftar Alokasi Dana Perbatasan dan Pelosok di Malinau-Kaltara

Newstara.com TARAKAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) cukup serius dalam mengalokasikan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah perbatasan dan pelosok, dan kali ini Provinsi Kaltara merilis daftar alokasi pembangunan di Kabupaten Malinau. Namun, karena pembangunan yang membutuhkan waktu lebih, maka ditargetkan akan terealisasi dalam 5 tahun kedepan.
 
"Pemerintah pusat telah mengalokasikan APBN untuk jalan dari Kabupaten Malinau hingga ke Long Bawan sebesar Rp 250 miliar termasuk pembangunan jembatan," tutur Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie.

Irianto berharap dalam tiga tahun kedepan, hasilnya akan terlihat. Bahkan, pada tahun 2016 sudah mulai terlihat yakni jalan dari Malinau menuju Binuang, Long Bawan sudah bisa dikendarai dengan roda empat atau mobil.

"Karena itu, saya mengajak para stakeholder maupun masyarakat Krayan, untuk terus berjuang memberikan argumentasi kepada pemerintah pusat. Agar kawasan perbatasan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat bisa mendapatkan perhatian yang lebih baik," ujarnya.

Menurutnya, tidak ada lagi ketimpangan dalam kesejahteraan yang menyebabkan masyarakat masyarakat perbatasan merasa terisolir. Karena dalam 10 tahun ke depan, maka masyarakat yang berada di Long Bawan dan Long Layu sudah bisa menikmati layanan fasilitas transportasi darat (bus) di Kabupaten Malinau.

"Jika infrastruktur telah dibangun dengan baik, maka dapat mendorong kemajuan perekonomian masyarakat yang ada di perbatasan," tuturnya.

Ini dia daftar biaya pembangunan perbatasan dan pelosok di kabupaten Malinau Provinsi Kaltara :

1. Pembangunan dan peningkatan Jalan Long Midang, Long Bawan hingga Long Pasia sebesar Rp 35 miliar.

2. Pembangunan jalan perbatasan Long Layu, Pa Upan, Long Rungan sebesar Rp 35 miliar.

3. Pembangunan jalan perbatasan Long Rungan, Long Padi, Binuang, Malinau sebesar Rp 35 miliar.

4. Pembangunan Jalan Perbatasan Long Apung, Long Nawang, Data Dian, Long Pujungan, Malinau sebesar Rp 35 miliar.

5. Pembangunan Jalan Perbatasan Long Apung, Sungai Barang, Sungai Boh sebesar Rp 35 miliar. Dengan rincian, Rp 25 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Rp 10 miliar dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

6. Pembangunan Jalan Perbatasan Long Nawang, Batas Negara (Tapak Mega) sebesar Rp 3 miliar dari APBD Kaltara.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI