Tiga Daerah di Nunukan Akan Dimekarkan Menjadi Kabupaten dan Kota

| 1728 Views
id Tiga Daerah di Nunukan Akan Dimekarkan Menjadi Kabupaten dan Kota
Tiga Daerah di Nunukan Akan Dimekarkan Menjadi Kabupaten dan Kota
Ketua Dewan Presidium DOB Tommy Harun menyerahkan berkas pemekaran DOB 3 wilayah di Nunukan kepada Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafied (Foto: Bonar Sahat)

Newstara.com NUNUKAN - Pemerintah Kabupaten Nunukan bersama DPRD Nunukan menggelar pertemuan dengan Dewan Presidium pembentukan Daerah otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan, Kabupaten Kabudaya dan Kota Sebatik. Ketiga wilayah yang saat ini berada di wilayah Kabupaten Nunukan ini akan dimekarkan menjadi DOB di Provinsi Kaltara.

Ketua Dewan Presidium DOB, Tommy Harun mengatakan ketiga daerah ini harus dilakukan pemekaran secara serentak dan pelaksanaan pemekaran sudah sangat mendesak karena selama ini masyarakat hidup dalam bayang-bayang perbatasan Malaysia. Sehingga dibutuhkan otonomi daerah agar mampu meningkatkan kedaulatan NKRI.

"Pengembangan DOB di Nukan ada 3 daerah, yakni Kota Sebatik, Kabupaten Kabudaya dan Kabupaten Krayan. Dan kita berharap agar DPRD Nunukan memberikan dukungan rekomendasi pemekaran 3 DOB baru sehingga masyarakat di perbatasan dan tapal batas bisa merasakan kemerdekaan seutuhnya," ujar Tommy Harun.

Sementara, Ketua DPRD Nunukan, Dany Iskandar menyatakan bahwa DPRD Nunukan sangat mendukung bahkan secara pribadi tidak ada alasan untuk menolak pemekaran tersebut, namun posisi letak wilayah yang belum bisa diperjelas.

"Kami dari DPRD mendukung Otonomi Baru di Kalimantan Utara, sehingga diharapkan semangat otonomi bisa dilakukan, cuma kita dibantu juga untuk menetapkan wilayah-wilayah kepemerintahannya kelak ini," tutur Dani.

Menurutnya, saat ini belum diperjelas posisi ibukota daerah pemekaran masing-masing, seperti pembagian kecamatan hingga letak ibukotanya agar bisa menjalankan roda pemerintahan.

"Teman di DPRD sepertinya mendukung semua untuk pekaraan DOB, sehingga kami akan memberikan rekomendasi tersebut kepada pemerintah sehingga dapat diupayakan melaksanakan pemekaran secara serentak," tuturnya.

Sekedar informasi, letak Posisi DOB Kabupaten Krayan meliputi Kecamatan Krayan Induk dan Krayan Selatan dan di rencanakan Kecamatan Krayan akan menjadi ibukota Kabupaten. Sementara, untuk DOB Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan (Kabudaya) meliputi daerah Kecamatan Lumbis Ogong, yaitu Sungai Sumantipal, Sungai Sinapad, Sungai Sasai (Patok B2700-B3500) dan C500-C600 yang di perkirakan luas keseluruhan mencapai 154.000 Ha.

Pemerintah Provinsi Kaltara sudah mengusulkan pemekaran DOB Kabupaten Kabudaya, Krayan dan Sebatik kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pada 27 Juni 2016 usulan tersebut diperkuat oleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid yang bertemu dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono.

Untuk DOB Kota Sebatik tetap berada di Sebatik dan pada bagian utara wilayah Sebatik berbatasan dengan Negara Bagian Sabah (Malaysia) untuk bagian timur berbatasan dengan laut Sulawesi, sedangkan pada bagian selatan dan barat berbatasan dengan Selat Sebatik dan wilayah pulau Sebatik terdiri dari 5 Kecamatan dan 19 Desa.

Reporter: Bonar Sahat


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI