Ini Profil Singkat 13 Menteri Kabinet Jokowi Jilid II

| 837 Views
id Ini Profil Singkat 13 Menteri Kabinet Jokowi Jilid II
Ini Profil Singkat 13 Menteri Kabinet Jokowi Jilid II
Presiden RI Jok Widodo

Newstara.com JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik 12 orang Menteri baru dan 1 orang kepala BKPM untuk masuk dalam perombakan Kabinet (reshuffle) jilid II. Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu siang, (27/7/2016) sekitar pukul 13.00 WIB

Dari 13 orang tersebut, ada sembilan nama baru di jajaran Kabinet Kerja Jokowi. Sementara, empat menteri lainnya hanya bergeser posisi seperti Menteri Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan dimana posisi sebelumnya adalah Menkopolhukam.

"Yang pertama saudara Luhut Binsar sebagai Menko Kemaritiman," ujar Presiden Jokowi pada Rabu siang, (27/07/2016) di Istana Negara Jakarta.

Posisi Luhut digantikan oleh Jenderal TNI (Purn) Wiranto sebagai Menko Polhukam. Selain Luhut, sejumlah menteri lain ikut digeser dan di copot.

Ini dia profil singkat 13 Mentewri Jokowi Jilid II:

1. Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi dipercaya menjadi Menteri Perhubungan dan menggantikan Ignasius Jonan. Sebelumnya, Budi adalah Direktur Utama Angkasa Pura II.

2. Archandra Tahar
Archandra Tahar menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dimana sebelumnya posisi tersebut milik Sudirman Said yang sudah tidak masuk dalam kabinet Kerja Jokowi. Archandra adalah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan salah satu pengusul off shore blok Masela dan kabarnya Menteri ESDM Archandra ini memiliki firma di Amerika Serikat.

3. Airlangga Hartarto
Airlangga Hartato berasal dari Partai Golkar dan menjadi Menteri Perindustrian dan menggantikan Saleh Husin. Airlangga mendapat representasi karena kepartaian yang menyatakan dukungannya kepada pemerintah.

4. Prof. Muhadjir Effendy
Profesor Muhajir menjadi Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud) merupakan salah satu akademisi dan pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Sebelumnya, Presiden Jokowi menempatkan Anies Baswedan.

5. Eko Putro Sanjoyo
Eko Putro Sanjoyo menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi dan merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menggantikan posisi Marwan Jafar yang dicopot dari jabatannya.

6. Asman Abnur
Asman Abnur menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan merupakan representasi dari Partai Amanat Nasional (PAN), Menteri Asman sebelumnya merupakan politisi Golkar dan menggantikan Yuddy Chrisnandi yang sebelumnya menjadi Kemenpan-RB.

7. Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani mantan Direktur Bank Dunia akhirnya pulang kampung ke Indonesia dan di gadang-gadang akan memperkuat Indonesia dalam menghadapi perekonomian. Sri Mulyani menggantikan Bambang Brodjonegoro.

8. Enggartiasto Lukita
Enggartiasto Lukita menjadi Menteri Perdagangan. Enggar merupakan politisi Partai Nasdem dan salah satu pengusaha sukses di bidang properti. Bahkan, saat ini menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI). Sebelumnya, posisi Mendag adalah Thomas Lembong yang diseger menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

9. Jenderal TNI (Purn) Wiranto
Ketua Umum Partai Hanura menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan mengantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang digeser menjadi Kemenko Kemaritiman.

10. Sofyan Djalil
Sofyan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menggantikan Ferry Mursidan Baldan. Sebelumnya, Sofyan menjabat Kepala Bappenas.

11. Thomas Lembong
Thomas Lembong bergeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, sebagai Menteri Perdagangan.

12. Franky Sibarani
Kepala BKPM Franky Sibarani merupakan posisi baru menjadi Wakil Menteri Perindustrian.

13. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan
Orang kepercayaan Presiden Jokowi ini menggantikan Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman. Sebelumnya, posisi Luhut adalah Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan sempat menjadi Kepala Staf Presiden Jokowi.

Reporter: Mufreni


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI