Ketum HIPMI Tarakan Jufri Budiman Akan Naikkan Prosentase Pengusaha Muda

| 346 Views
id Ketum HIPMI Tarakan Jufri Budiman Akan Naikkan Prosentase Pengusaha Muda
Ketum HIPMI Tarakan Jufri Budiman Akan Naikkan Prosentase Pengusaha Muda
Ketua Umum HIPMI Tarakan Jufri Budiman siap menaikkan prosentase para pengusaha muda. (Foto: Yoko/Newstara)

Newstara.com TARAKAN - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tarakan, Jufri Budiman mengatakan untuk menciptakan peluang kerja bagi kesejahteraan masyarakat, tentu tidak semudah yang dibayangkan walaupun Kota Tarakan memiliki kekayaan alam yang melimpah seperti di sektor kelautan yang kaya akan potensi ikan, udang dan kepiting. Lalu, disisi perkebunan untuk bercocok tanam untuk kebutuhan masyarakat di dalam dan luar kota Tarakan, hingga tambang gas yang dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik hingga gas rumah tangga (City Gas). Selain itu, potensi wisata yang cukup besar juga bisa dimanfaatkan dalam upaya membuka lapangan kerja baru.

"Disinilah peran serta HIPMI Tarakan, untuk ikut memaksimalkan potensi-potensi yang bisa dikembangkan dengan baik. Tidak ada yang mustahil jika kita terus dan terus berusaha bersama-sama baik untuk membangun Kota Tarakan, sehingga tercipta kota yang indah, makmur dan sejahtera bagi masyarakat secara bersama-sama," ujarnya sesaat setelah dilantik sebagai Keta umum HIPMI Tarakan pada Selasa malam, (30/08/2016) di Swiss-Bell Hotel Tarakan.

Menurutnya, saat HIPMI Tarakan diberi kesempatan untuk berperan dalam mengisi pembangunan maka dapat di optimalkan kemampuan HIPMI untuk mengisi setiap lini sektor pembangunan. Seperti membuka kesempatan kepada para pengusaha muda, yang ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih baik, mulai dari mendapatkan permodalan dengan perbankan, lahan usaha dan lainnya. Bahkan, saat berbicara kesejahteraan maka pembangunan Provinsi Kaltara dan kota Tarakan khususnya akan menjadi bagian dari pembangunan Nasional yang tidak dapat dipisahkan sehingga HIPMi berperan dalam mencetak lebih banyak pelaku usaha lagi.

"Dalam rangka mendukung kebijakan Nasional yakni mengoptimalkan potensi dan peluang yang dimiliki di daerah yang pada ujung-ujungnya adalah untuk mensejahterakan masyarakat di Tarakan, jadi rumusnya perbanyak lagi angka pelaku usaha yang muda-muda, usaha yang profesional dan tidak ada istilah saling menjatuhkan, karena kita semua di HIPMI ini adalah saudara," tuturnya.

Provinsi Kalimantan Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan secara langsung dengan negara Malaysia. Dan Kota Tarakan menjadi gerbang masuknya bagi 4 Kabupaten di Kaltara, sehingga Kota Tarakan menjadi perwajahan bagi Provinsi Kaltara dan nasional. Untuk itu, peningkatan seluruh sektor dan struktur perekonomian harus di dukung secara penuh karena sumber daya alam (resources base economy) seperti perkebunan, kehutanan dan perikanan serta pertambangan dan energi juga memberikan seluas-luasnya kesempatan bagi swasta untuk berperan serta dalam mengelola sektor-sektor pembangunan daerah.

"Dengan potensi sumber daya alam yang besar tersebut, maka pengelolaan yang efektif dan efisien menjadi hal yang harus dilakukan dalam memperkokoh struktur perekonomian tersebut. Maka HIPMI sebagai wadah kader pengusaha, sekali lagi saya katakan harus berperan secara aktif," ujarnya.

Apalagi, Kota Tarakan sebagai kota jasa telah berhasil membuka rute baru untuk mengekspor via pesawat cargo terhadap hasil perikanan seperti ikan dan kepiting dan telah di lakukan pengiriman perdana sebesar 11 ton melalui Bandara Juwata Tarakan yang dilakukan oleh pesawat kargo milik maskapai Tri-MG dengan daya muat maksimal sekitar 15 ton, ini sudah jelas meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa dilakukan teman-teman HIPMI Kaltara dan HIPMI Tarakan.

"Artinya, dengan di mulainya ekspor produk hasil kelautan dan perikanan, maka Kaltara pada umumnya serta Tarakan pada khususnya bisa menjadi pioneer ekspor impor barang yang seimbang," tuturnya.

Reporter : Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI