Alhamdulillah, Kaltara Dapat Kuota 500 CPNS dari Kemenpan RB

| 7682 Views
id Alhamdulillah, Kaltara Dapat Kuota 500 CPNS dari Kemenpan RB
Alhamdulillah, Kaltara Dapat Kuota 500 CPNS dari Kemenpan RB
Alhamdulillah, Kaltara dapat kuota 500 CPNS dari Kemenpan RB. (Foto: Humas)

Newstara.com TANJUNG SELOR - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, akhirnya setuju dengan formasi kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebesar 500 orang. Ini setelah dilakukan usulan hingga pertemuan yang dilakukan Gubernur Provinsi Kaltara Dr H Irianto Lambrie berulang ulang kali.

Menpan-RB Asman Abnur menilai Provinsi Kaltara dan Provinsi Papua Barat dikecualikan atas moratorium penerimaan CPNS, karena kedua daerah tersebut baru dilakukan pemekaran sehingga membutuhkan banyak pegawai untuk menunjang percepatan pembangunan dan mengejar perekonomian.

"Kaltara dan Papua Barat, dua daerah itu baru dimekarkan jadi ada pengecualian penerimaan pegawai, dan kalau tidak ada hal lainnya tahun ini sudah bisa membuka pendaftaran," tuturnya saat dihubungi Newstara.com melalui selulernya pada Kamis siang, (29/09/2016) di Jakarta.

Sementara, Gubernur Provinsi Kaltara Irianto Lambrie mengatakan Kaltara mendapat pengecualian moratorium CPNS bersama Papua Barat, dan ini merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo atas usulan Kementerian PAN-RB. Dan beberapa kali dilakukan pertemuan dalam menindaklanjuti instruksi presiden sekaligus mengonfirmasi agar rekrutmen dapat dilakukan pada tahun 2016.

"Kami berharap perekrutan dapat dilakukan pada tahun ini atau paling lambat pada tahun 2017 dan Alhamdulillah Pak Menteri memberikan respon positif Kaltara merupakan pengecualian moratorium penerimaan CPNS bersama Papua Barat," tutur Irianto.

Provinsi Kaltara sendiri mendapatkan jatah sebanyak 500 formasi CPNS, walaupun jumlah itu jauh dari usulan sebelumnya namun Provinsi Kaltara akan kembali mengusulkan penambahan jumlah formasi tersebut kepada MenpanRB pada tahun depan. Karena, Kaltara merupakan provinsi yang baru dimekarkan dan membutuhkan banyak sekali pegawai, apalagi untuk kebutuhan guru dan tenaga medis di wilayah pelosok dan perbatasan.

"Kita mengusulkan agar ada penambahan secara proporsional, agar dapat mengisi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru yang akan dibentuk sesuai dengan PP No 18 Tahun 2016," ucapnya

Selain itu, juga berkaitan tentang ketentuan terhadap rekrutmen CPNS menurutnya, pemerintah daerah tidak dapat membuat suatu ketentuan karena yang memiliki kewenangan adalah pemerintah pusat, jadi penerimaan CPNS itu bukanlah kewenangan daerah, makanya dibuka pengumuman secara nasional.

"Jadi tidak ada keistimewaan apa pun, semua warga negara Indonesia boleh ikut sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan," ujarnya.

Irianto menyebutkan, formasi yang dibuka sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah dan telah diusulkan melalui Biro Kepegawaian dan Diklat Kaltara. Dan secara garis besarnya, Pemprov Kaltara membutuhkan tenaga kesehatan, pendidikan, tenaga adminsitrasi, tenaga teknis hingga tenaga bidang teknik.

"Sebenarnya hampir semua sektor kita butuhkan, namun untuk kali ini kita membuka formasi untuk tenaga kesehatan, pendidikan, tenaga adminsitrasi, tenaga teknis hingga tenaga bidang teknik," ujarnya.

Irianto mengusulkan agar realisasi penambahan instansi vertikal yang diperuntukkan bagi daerah otonomi baru (DOB) Kaltara. Misalnya, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan yang telah diajukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke KemenPAN-RB.

"Kami berharap dengan surat Gubernur yang disampaikan langsung ke MenPAN-RB dapat mendorong percepatan penambahan instansi vertikal," tutur Irianto.

Gubernur menyampaikan penambahan kuota calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kaltara, selain itu Gubernur juga mengusulkan agar Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Kaltim Perwakilan Kaltara segera menjadi Kantor BPKP Kaltara. 

"Dengan begitu Kaltara akan dilengkapi oleh fungsi instansi oleh lembaga Kementerian maupun Non-Kementerian," jelasnya.

Reporter : Leandy Khosasi & Yoko Handani


Baca Juga
Inysa Allah, Wagub H Udin Buka Acara Jalan Santai & Zumba Newstara
Keluarga Besar Coto Makassar Daeng Abu Borong 100 Lembar Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara