Provinsi Kaltara Butuh Sarana Pos Lintas Batas Negara

| 384 Views
id Provinsi Kaltara Butuh Sarana Pos Lintas Batas Negara
Provinsi Kaltara Butuh Sarana Pos Lintas Batas Negara
Provinsi Kaltara butuh sarana Pos Lintas Batas Negara (PLBN). (Foto: Dok Newstara)

Newstara.com TARAKAN - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltara, Zainuddin HZ mengatakan keberadaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sangat penting karena sebagai simbol kedaulatan Negara dan Pintu Gerbang Pemeriksaaan Strategis.

"Keberadaan PLBN merupakan Manifestasi atau kepastian adanya kerjasama sosek malindo dalam mewujudkan pembangunkan sosek di kawasan sepadan kedua Negara RI Malaysia," tutur Zainuddin saat menghadiri presentase studi kelayakan pembangunan Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBNT) beberapa waktu lalu.

Zainudin menyebut PLBN merupakan sarana dan prasarana pelayanan kepada public oleh instansi Kepabeanan imigrasi karantina dan keamanan, dan adiministrasi lainnya. Ia menyebutkan ada 10 POS pengamanan dan pos tradisional yang kondisi fisiknya sudah tidak memadai untuk digunakan sebagai pelayanan public seperti di desa Long Nawang, Kabupaten Malinau.

Untuk itu Zainuddin berharap penyusunan study kelayakan ini sesuai visi dan misi pemerintah Kaltara untuk mewujudkan pemerintahan yang mandiri, aman, damai, yang didukung aparatur yang berkualitas dan berwibawa.

"Berkaitan dengan itu fungsi PLBN yang ada di Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau memiliki peran penting karena selain menjaga harga diri dan halaman depan Negara juga strategi dan jalur perdagangan," tuturnya.

Selain itu, Zainuddin juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kaltara yang sudah menggagas kegiatan tersebut, sehingga kedepannya program pengelolaan perbatasan dapat ditingkatkan.

Marilah kita bersatu padu dalam membangun Kalimantan Utara ini, agar dapat mengejar ketertinggalan pembangunan khususnya sarana dan prasarana PLBN dikawasan perbatasan. Sebagaimana kita ketahui pemerintah provinsi kalimantan utara merupakan lintas kabupaten / kota, sehingga peran serta pemerintah kabupaten kota sangat menentukan didalam percepatan pembangunan dikawasan perbatasan.

Untuk diketahui, Provinsi Kalimantan Utara terbentuk Berdasarkan Undang – Undang 20 Tahun 2012 dengan wilayah Administrasi terdiri I  Kota Tarakan 4 Kabupaten, yaitu Kab. Bulungan, Malinau, Nunikan, Tana tidung dengan 50 Kecamatan dan 449 Desa Kelurahan, dengan jumlah penduduk kurang Lebih 718 Jiwa dan Luas wilayah 75,467,70 KM, Panjang Garis Perbatasan Kurang lebih 1038 Km. Kaltara yang berbatasan dengan Malaysia (Sabah Sarawak).

Reporter : Leandy Khosasi


Baca Juga
Inysa Allah, Wagub H Udin Buka Acara Jalan Santai & Zumba Newstara
Keluarga Besar Coto Makassar Daeng Abu Borong 100 Lembar Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara