Air Bersih di Sabanar Lama Tunggu Pasokan Listrik Berau

| 290 Views
id Air Bersih di Sabanar Lama Tunggu Pasokan Listrik Berau
Air Bersih di Sabanar Lama Tunggu Pasokan Listrik Berau

Newstara.com BULUNGAN - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kaltara Dr Suheriyatna mengatakan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Sabanar Lama, Tanjung Selor hanya tinggal menunggu suplai atau pasokan listrik melalui PLN Area Berau. Bilamana pasokan tersedia, maka IPA Sabanar Lama sudah bisa dioperasikan.

"Saya sudah bicarakan dengan Kepala PLN Area Berau, dan dijanjikan akhir tahun ini bisa dialiri listrik. Pengurusan aliran listrik bersamaan saat mengurus administrasi gedung baru DPUTR Kaltara," tutur Suheriyatna.

Suheriyatna menjelaskan, pembangunan IPA Sabanar Lama yang bersumber dari APBN sebesar Rp 7,2 miliar, dibangun sejak 30 Mei hingga 30 November 2015, dan memiliki kapasitas 20 liter per detik. Kebutuhan listrik untuk mesin penggerak IPA tersebut diperlukan sekira 63 kilo volt ampere (KvA).

"Kalau sudah beroperasi, maka IPA bisa melayani untuk wilayah Selimau satu, dua, tiga, PKPMT, Sabanar Lama dan Sengkawit. IPA memiliki kapasitas aliran air untuk 1.600 sambungan rumah (SR)," tuturnya.

Suheriyatna mengatakan masih ada daftar tunggu untuk sambungan rumah sebanyak 741 kepala keluarga (KK). Diakuinya kendala IPA Sabanar Lama belum beroperasi selain persoalan listrik, yakni pipa distribusi, pipa tersier, gudang tempat penyimpanan bahan kimia dan bangunan intake yang belum layak.

"IPA di daerah Sabanar Lama yang akan difungsikan. Rencananya, IPA di Kilometer 12 poros Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur yang berkapasitas 80 liter per detik pun, akan kita uji coba bulan Desember 2016 ini," ujarnya.

IPA yang dibangun Pemkab Bulungan dan membutuhkan pasokan listrik sekira 110 KvA itu, dan dipastikan akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih hingga di Desa Bumi Rahayu dan sekitarnya.

Sementara, Direktur PDAM Danum Benuanta Bulungan Moch Nuch Galeba menyatakan pihaknya siap mengaliri air kepada masyarakat selagi pasokan listrik sudah tersedia. Saat ini, kata dia, yang menjadi kendala adalah pasokan listrik untuk menggerakan mesin pompa IPA.

"Kalau bisa secepatnya ada aliran listrik, maka IPA pun bisa beroperasi," ujar Danum.

Menurutnya, bila mesin penggerak sudah beroperasi, IPA mampu mengalirkan air 20 liter per detik. Masyarakat yang bakal menikmati aliran air IPA mencakup seperti di Jalan Cendana, Sengkawit, wilayah perkotaan Tanjung Selor dan Sabanar Lama. Sedangkan pasokan listrik dari genset yang tersedia di IPA, akan dipergunakan pihaknya sebagai penggerak mesin dan penerangan.

Reporter : Leandy Khosasi


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI