Soal Kasus PT PMJ, Bupati Undunsyah Tetap ke Jalur Hukum

| 540 Views
id Soal Kasus PT PMJ, Bupati Undunsyah Tetap ke Jalur Hukum
Soal Kasus PT PMJ, Bupati Undunsyah Tetap ke Jalur Hukum
Soal kasus PT PMJ, Bupati Undunsyah tetap menempuh jalur hukum. (Foto: Dok)

Newstara.com TANA TIDUNG - Bupati Kabupaten Tana Tidung H. Undunsyah membenarkan adanya gugatan yang dilayangkan oleh PT Pipit Mutiara Jaya (PT. PMJ) dan telah dimenangkan dalam PN dan MA. Namun, hal itu tidak membuat Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (Pemda Tana Tidung) akan menyanggupi pembayarannya, karena sebelum tahun 2008 hingga 2010 lalu, PT PMJ juga membayar ke Kabupaten Bulungan sebagai kabupaten induk namun gugatan tersebut tidak dilayangkan ke Pemda Bulungan, sehingga dianggap ada ketidakadilan yang terjadi.

"Pemerintah KTT bukannya tidak menerima keputusan dari PN dan MA namun pemerintah tetap mengambil langkah hukum dengan mengajukan Peninjauan Kembali (PK), dengan berbekal data dan fakta kita berharap ada kemungkinan yang berperngaruh positif terhadap keputusannya nanti,"

Sebelumnya, PT Pipit Mutiara Jaya (PT PMJ) menuntut Pemda Tana Tidung untuk membayar kompensasi 3 tahun berturut-turut yakni sejak tahun 2008, 2009 dan 2010 sebesar Rp 67 miliar. Karena adanya perubahan Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mengacu pada UU Mineral dan Batubara (Minerba).

Sementara, DPRD Kabupaten Tana Tidung melalui Juru bicara (Jubir) Pansus Suriansyah mengatakan aturan UU Nomor 6 Tahun 2010 Pasal 63 ayat 1 tentang pembentukan pansus supaya penyelesaian persoalan antara pemkab Tana Tidung dengan PT PMJ bisa diselesaikan. Mulai dari pengumpulan data dan fakta dilapangan dengan turun langsung ke PT PMJ di Kecamatan Sesayap Hilir, pembahasan internal antara pansus dengan pemerintah itu DPRD merekomendasikan agar keputusan dari Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Selor hingga Mahkamah Agung (MA) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang memenangkan gugatan perdata atas kompensasi PT PMJ.

Reporter: Ani Murdiati


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI