DPRD Soroti Lelang Multi Years Pemkab Tana Tidung

| 170 Views
id DPRD Soroti Lelang Multi Years Pemkab Tana Tidung
DPRD Soroti Lelang Multi Years Pemkab Tana Tidung
Salah satu gambaran di Desa Seputuk - Kabupaten Tana Tidung (KTT). (Foto: Dok. Mission Trip II LF)

Newstara.com TANA TIDUNG - Politisi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tana Tidung (KTT) Yandi menilai bahwa APBD KTT Tahun 2017 barus saja disahkan eksekutif dan legistlatif. Dan pemerintah harus segera bergerak cepat demi menciptakan pembangunan yang sesuai harapan masyarakat. Namun, realisasi pembangunan sulit terlaksana bilamana proses lelang tidak berjalan sesuai jadwal.

"Proses lelang wajib dikerjakan sesuai jadwal dan setidaknya Maret 2017 sudah ada lelang supaya ada pembangunan dan bisa berjalan maksimal, karena cukup banyak pekerjaan rumah yang masih menunggu," ujarnya.

Yandi mengatakan sejak tahun 2015 terjadi stagnan pembangunan dan seluruh proses penyelenggaraan pemerintah serta roda pembangunan juga berdampak pada menurunnya perekonomian masyarakat. Sehingga pemerintah harus melakukan proses lelang secepatnya pada awal bulan April 2017 mendatang.

"Bulan Agustus 2016 lalu baru saja mulai terlihat ada pembangunan berjalan sementara dalam empat setengah bulan pembangunan berjalan, tentu saja belum bisa maksimal dan tahun ini harus diutamakan kebutuhan mendasar seperti air bersih dan listrik," ujarnya.

Menurutnya, sistem lelang online kerapkali mengalami hambatan namun bila personil (operator) bisa disiagakan maka kegiatan pelelangan akan lebih memudah dengan belajar pada pengalaman sebelumnya, sehingga setiap kendala bisa terdeteksi lebih awaldan pemerintah pun bisa melakukannya secara terbuka, transparan dan tidak menimbulkan masalah sosial lainnya.

"Apa yang kendala harus di evaluasi dan dipelajari jadi proses lelang dilakukan dengan lancar tanpa gangguan, dan penting proses lelang bisa terbuka dan transparan," tuturnya.

Sebelumnya, proyek kegiatan multy years seperti akses jalan poros untuk 4 kecamatan seperti dari Kilometer (Km) 8, Desa Tideng Pale Kecamatan Sesayap menuju Desa Kapuak-Desa Rian di Kecamatan Muruk Rian, desa-desa di Kecamatan Betayau hingga Desa Bebatu di Kecamatan Sesayap Hilir yang menghubungkan kawasan darat menuju kawasan pesisir maupun sebaliknya ini dapat dilanjutkan dengan menggunakan anggaran tahunan (parsial).

"Juga pembangunan sheet pile yang dibangun pemerintah agar dapat dilanjutkan dengan anggaran tahunan," tuturnya.

Reporter: Ani Murdiati


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI