Ini Dia Penyebab Banjir Kiriman Malaysia ke 4 Kecamatan Nunukan

| 127 Views
id Ini Dia Penyebab Banjir Kiriman Malaysia ke 4 Kecamatan Nunukan
Ini Dia Penyebab Banjir Kiriman Malaysia ke 4 Kecamatan Nunukan
Banjir rendam Kecamatan Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong. (Foto: Jusip Bakulit)

Newstara.com NUNUKAN - Kabupaten Nunukan sebagian merupakan garis perbatasan dengan negara tetangga Malaysia, mulai dari negara bagian Serawak hingga Sabah. Dan beberapa kecamatan dinilai sangat rawan terjadinya banjir kiriman tahunan dari Malaysia, yakni daerah di Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sembakung Atulai, Kecamatan Lumbis, dan Kecamatan Lumbis Ogong

Lumbis, salah satu warga Sumantipal mengatakan sungai Pansiangan Sabah Malaysia Bajir dan merendam 4 Kecamatan di Indonesia, ini karena tepat di atas perbatasan Lumbis Ogong terdapat kota-kota besar yang merupakan jantungnya Sabah - Malaysia.

"Sungai Sembakung cukup unik karena hulunya kota-kota besar di Sabah-Malaysia (Sepulut,  Nabawan,  Keningau, Tenom) dimana merupakan muaranya pedalaman tertinggal (Lumbis Ogong, Lumbis, Sembakung Atulai dan Sembakung)," ujarnya.

Lumbis mengatakan masyarakat awam sering tidak mengetahui tentang kondisi wilayah 4 Kecamatan di Nunukan tersebut, dimana sungai itu tidak seperti biasanya karena hulunya merupakan hutan dan muaranya adalah perkotaan. Namun, untuk sungai sembakung dimana tepat dihulunya (atasnya) merupakan  perbatasan Lumbis Ogong yang terdapat kota-kota besar dan menjadi jantungnya perkotaan Sabah.

"Sehingga inilah bila Banjir pun sering dialami oleh masyarakat 4 kecamatan disepanjang bentaran sungai Sembakung karena banjir kiriman dari Sabah yang berasal dari cekungan kubah besar Tiagangsinsilog dan kurangnya daerah resapan air di daerah-daerah perkotaan tersebut," tuturnya.

Reporter: Andika


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK