Ternyata, Ngopi 3 Gelas Sehari Membuat Umur Panjang

| 101 Views
id Ternyata, Ngopi 3 Gelas Sehari Membuat Umur Panjang
Ternyata, Ngopi 3 Gelas Sehari Membuat Umur Panjang
Ilustrasi kopi hitam. (Dok)

Newstara.com JAKARTA - Para pencinta kopi seduh sepertinya akan memiliki kesehatan lebih baik, pasalnya sebuah penelitian baru-baru ini mengabarkan bahwa seseorang yang meminum 3 cangkir kopi dalam satu hari ternyata mampu menurunkan risiko berbagai penyakit dan kematian.

Sehingga tidak jarang masyarakat dunia atau sekitar 2,25 miliar orang yang baru saja mengkonsumsi atau menikmati kopi, terlihat cukup bugar dari sebelumnya.

Newstara.com yang mengutip laman Daily Star telah menyebutkan bahwa sejumlah tim ilmuwan dari Imperial College London, telah menemukan hubungan kopi tanpa kafein yang juga memiliki efek sama.

Ilmuwan menganalisis data dari lebih setengah juta orang di 10 negara Eropa termasuk Inggris, yang telah mengkonsumsi kopi terhadap risiko mortalitas dan hasilnya cukup mengejutkan.

"Periset dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) dan Imperial College London menemukan, tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko kematian," tulis laporan itu pada Rabu, (12/07/2017).

Salah satu peneliti, Dr Marc Gunter dari IARC mengungkapkan bahwa kopi seseorang yang mengkonsumsi kopi maka berkaitan dengan risiko kematian, khususnya untuk penyakit peredaran darah dan penyakit pencernaan.

"Menariknya, hasil studi ini serupa di seluruh 10 negara Eropa dengan kebiasaan dan kebiasaan minum kopi yang bervariasi," tuturnya.

Dengan demikian, data dari studi EPIC (European Calon Investigation into Cancer and Nutrition), telah mengelompokan data-data tersebut serta menganalisis data dari 521.330 orang dari usia di atas 35 tahun untuk 10 negara Uni Eropa termasuk Inggris, Prancis, Denmark dan Italia.

Pendiri EPIC, Profesor Elio Riboli menambahkan, temuan ini menambah bukti bahwa minum kopi tidak hanya aman, tapi memiliki kesehatan yang melindungi kesehatan.

"Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, kita dapat yakin bahwa hasil studi ini mengkonfirmasi temuan sebelumnya mengenai manfaat kopi di seluruh dunia," ucapnya.

Sumber : Daily Star


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK