Unggul Poling Newstara, Sabirin Sanyong Singgung Ada Calon Didukung Orang Kuat

| 101 Views
id Unggul Poling Newstara, Sabirin Sanyong Singgung Ada Calon Didukung Orang Kuat
Unggul Poling Newstara, Sabirin Sanyong Singgung Ada Calon Didukung Orang Kuat
Bakal Calon Walikota Tarakan Periode 2018-2023, Sabirin Sanyong. (Foto: Adi)

Newstara.com TARAKAN - Mantan Anggota DPRD Tarakan, Sabirin Sanyong yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Tarakan selama dua periode dari fraksi Demokrat. Kali ini akan maju sebagai Calon Walikota Tarakan periode 2018 hingga 2023 mendatang, meskipun saat ini seluruh partai yang telah membuka pendaftaran penjaringan balon Pilkada telah selesai.

"Saya mengapresiasi, sangat mengapresiasi. Tinggal sejauh mana objektifitas dari polling yang di lakukan oleh lembaga survey atau media, dan saya tetap akan mencalonkan posisi Calon Walikota Tarakan," tuturnya kepada saat ditemui oleh Newstara.com

Mantan Ketua DPC Partai Demokrat Tarakan ini meyakini bahwa masih ada partai politik yang akan mengusungnya kelak, dan dengan waktu yang tersisa yakni masih sekitar 11 bulan tersebut maka masih cukup memungkinkan dirinya mendapatkan partai pengusung.

"Media merupakan salah satu pilar demokrasi. Bagaimana bisa memberikan pembelajaran politik pada masyarakat. Dan yang jelas pertarungan Pilwali 2018 nanti masih 11 bulan lagi," tuturnya.

Menurutnya, saat ini partai politik yang melakukan proses penjaringan Pilkada, baru merupakan proses awal dan belum ada kesimpulan dari partai untuk rekomendasi mengusung bakal calon tersebut.

"Belum ada kesimpulan, ini baru balon- balon yang mendaftar, sehingga saya tetap berkeyakinan untuk tetap menjadi orang nomor satu di Tarakan, bukan nomor dua," ujarnya.

Menyikapi hasil poling Newstara.com dan menempatkan Sabirin Sanyong pada puncak teratas perolehan suara yakni sekitar 2.623 suara atau sekitar 33.3 persen, dinilainya masih akan terus berubah apalagi masih cukup panjang proses tahapan Pilkada Tarakan yang akan ditetapkan oleh KPU.

"Namanya poling itu pasti fluktuatif ya, apalagi masih setahun lebih dan besar kemungkinan ada pergerakkan, baik secara signifikan, maupun graduel. Tapi kalau kita baca konfigurasi partai dan bakal calon yang muncul maka harus kita melihat kalau bicara kader hanya beberapa saja, selebihnya bukan orang partai," tuturnya.

Menurutnya, ada berapa faktor yang akan mempengaruhi penilaian partai-partai pendukung nantinya, dan dapat diukur dari figur, track record, personal figur, faktor strategi dan lain-lain.

"Faktor figur bisa di turunkan lagi, yakni kualitas figur, dan integritas figur dan orang kuat di belakang figur, bisa kita lihatlah track record yang ada, dari kandidat yang bermunculan sekarang ini," ujarnya.

Baginya, orang-orang atau calon yang kuat maka dibelakanganya ada beberapa figur yang kuat pula seperti Menteri, Gubernur dan lain-lain. Sehingga, dalam konfigurasi politik di Kota Tarakan maka dapat dilihat para calon baru sebatas klaim baik itu klaim didukung Gubernur atau didukung Wakil Gubernur. Namun, Sabirin Sanyong enggan menyebutkan siapa calon yang didukung oleh orang kuat tersebut.

"Klaim ini juga berpengaruh dalam figuritas, bagaimana orang kuat-kuat ini yang dibelakang Gubernur, dan klaim itu saya anggap sangat wajar saja," tuturnya.

Reporter: Geger Adi Kustanto


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI