PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat Racikan Pilpres 2019

| 101 Views
id PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat Racikan Pilpres 2019
PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat Racikan Pilpres 2019
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Dade)

Newstara.com JAKARTA - Partai Demokrat (PD) sepertinya mulai merencanakan strategi dalam pertarungan Pilpres 2019 mendatang, dimana saat ini Demokrat berinisiatif untuk mengajak koalisi 3 partai besar yakni PAN dan Gerindra untuk menghadapi Presiden Jokowi.

Ketua DPP Demokrat Didik Mukriyanto mengatakan koalisi dalam Pilpres 2019 seperti sebuah keharusan yang dilakukan, apalagi UU Pemilu menyatakan parpol atau gabungan parpol yang hendak mengusung capres-cawapres harus memenuhi angka presidential threshold antara 20-25 persen.

"Saya pikir koalisi menjadi bagian penting dalam membangun arah perjuangan politik. Kesamaan platform dan tujuan dalam membangun bangsa ini bisa menjadi dasar untuk membangun koalisi, kami sangat membuka diri ke depannya untuk berkoalisi dengan siapa pun, termasuk Gerindra," ujarnya.

Namun, jika nanti berkoalisi dengan Gerindra, PAN atau partai mana pun maka Demokrat ingin ada kadernya yang akan diusung menjadi capres ataupun cawapres. Ini sesuai dengan hasil Rakornas Demokrat di Lombok yang menetapkan keputusan bahwa Demokrat akan mengusung kader sebagai capres-cawapres 2019.

"Tentu standing kami berikhtiarkan agar kader-kader PD bisa menjadi alternatif pemimpin bangsa ke depan," ucapnya.

Sebelumnya, Waketum Fadli Zon menginginkan koalisi dengan tiga parpol lainnya di Pilpres 2019, yakni PKS, PAN, dan Partai Demokrat sehingga Koalisi Merah Putih (KMP) jilid II akan lahir kembali, tanpa Golkar.

"Memang soal nama mereka belum sepakat. Namun penjajakan koalisi Pilpres 2019 ini terus dijajaki, semangatnya sama yakni merah-putih, pastinya semangatnya itu KMP, merah putih kan. Tapi kan tentu masih banyak waktu dan ini masih banyak komunikasi dengan PKS, PAN, dan PD," tuturnya.

Gerindra sendiri tidak berhenti pada tiga partai yang sudah dijajaki tersebut, karena pihaknya akan terus melobi parpol yang saat ini masih di dalam pemerintahan dan Gerindra akan mendorong nama Prabowo Subianto.

"Dari Gerindra kita akan mendukung Pak Prabowo, elektabilitasnya tinggi dan bagi Gerindra kader paripurna. Cuma kita belum tahu siapa lawannya," tutur Fadli Zon.

Reporter : Mufreni


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI