Tes CPNS 2017 Dibuka, Begini Cara Daftar Dan Syaratnya Secara Online

| 101 Views
id Tes CPNS 2017 Dibuka, Begini Cara Daftar Dan Syaratnya Secara Online
Tes CPNS 2017 Dibuka, Begini Cara Daftar Dan Syaratnya Secara Online
Tes CPNS 2017. (Foto: Ilustrasi)

Newstara.com JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak tanggal 1 Agustus 2017 telah membuka sistem pendaftaran tes CPNS melalui onlibne di website resminya yang beralamat https://sscn.bkn.go.id/ dan bagia masyarakat yang berminat mengikuti tes seleksi untuk dapat segera mempelajari tata cara registrasi, karena menggunakan akun log in ke portal pendaftaran CPNS 2017 tersebut.

Situs resmi itu meminta setiap pendaftar harus mencetak bukti pendaftaran tes seleksi CPNS tahun 2017 sebagai salah satu syarat administrasi, lalu bukti tersebut dicetak lengkap dengan dokumen persyaratan lainnya melalui kantor POS dengan alamat BKN di Jakarta.

Untuk masuk dan tercatat sebagai salah satu peminat, maka diwajibkan pelamar untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga mendapatkan username dan password untuk login.

Berikut persyaratan umumnya :
 
1. Bukti scan / Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Scan / Fotokopi ijazah beserta transkrip yang telah dilegalisir
3. Scan / Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm
4. Scan / Fotokopi SKCK
6. Scan / Fotokopi Kartu Kuning

Para pelamar nantinya akan menjadi PNS di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Mahkamah Agung, dan pendaftaran online mulai di laksanakan sejak 1 Agustus 2017 hingga 26 Agustus pukul 23.59 WIB untuk Mahkamah Agung (MA) dan 31 Agustus pukul 23.59 WIB untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyebutkan secara umum seluruh infrastruktur, yakni aplikasi dan jaringan web Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) sudah di nyatakan cukup siap. Sehingga, diharapkan pelaksanaan registrasi online dapat berjalan secara lancar.

"On track sesuai yang telah dipersiapkan dan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat karena jarak tidak lagi jadi penghalang untuk melakukan registrasi CPNS," tuturnya.

Dirinya berharap, publik dapat menerima informasi penerimaan CPNS 2017 dan informasi resmi hanya dikeluarkan oleh website instansi pemerintah berdomain go.id. dan tidak mempercayakan jalur-jalur alamat website lainnya, sehingga mekanisme penerimaan CPNS 2017 mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan seleksi dapat diketahui masyarakat yang dikeluarkan  oleh pemerintah.

"Tapi pelamar hanya bisa memilih salah satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada instansi dalam satu periode," tuturnya.

Untuk memudahkan cara pendaftaran, berikut urutannya :

1. Klik https://sscn.bkn.go.id

2. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS melalui Portal SSCN.
Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran.
a. Pelamar mengisikan :  NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
b. Pelamar mengisikan alamat email aktif,  password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.
c. Pelamar cetak  KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2017

3. Pelamar Pelamar  Login  ke portal  SSCN menggunakan  NIK  dan  PASSWORD yang telah didaftarkan

4. Pelamar melengkapi biodata
a. Pelamar memilih instansi.(Khusus instansi yang menggunakan melampirkan copy KARTU PENDAFTARAN aplikasi mandiri/non-SSCN, pelamar akan diarahkan alamat aplikasi pendaftaran mandiri instansi.)
b. Pelamar memilih jenis formasi sesuai instansi, selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi.
c. Pelamar cetak  KARTU PENDAFTARAN SSCN 2017
Pelamar melakukan pemberkasan yang telah didaftarkan. berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi. Peserta  Wajib:  melampirkan copy KARTU PENDAFTARAN SSCN untuk proses verifikasi

5. Tim Verifikator Instansi
a. Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.
b. Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi mencetak KARTU PESERTA UJIAN CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan  CAT (Computer Assisted Test) BKN.

Reporter: Mufreni
Sumber : BKN 


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI