Walikota Sofian Raga Bicara Soal Produk UMKM Tarakan

| 101 Views
id Walikota Sofian Raga Bicara Soal Produk UMKM Tarakan
Walikota Sofian Raga Bicara Soal Produk UMKM Tarakan
Walikota Tarakan Ir Sofian Raga. (Foto: Dok Newstara)

Newstara.com TARAKAN - Pertemuan Usahawan Wanita Sabah-malaysia dengan sejumlah pelaku usaha (UMKM) di Kota Tarakan, terkait adanya berbagi informasi dan saling membutuhkan di kedua negara. Bahkan, pertemuan yang kedua kalinya itu akan ditanggapi secara serius hingga mengarah pada sentra indsutri menengah dan kecil.

"Kita akan perhatikan kemasannya dan pemasaran hingga informasi agar produk Tarakan dan produk Sabah Malaysia saling membutuhkan di pasaran internasional, seperti mereka butuh apa dan kita butuh apa,'" tutur Walikota Tarakan Sofian Raga saat kepada Newstara.com pada Selasa siang, (22/08/2017) di Tarakan.

Menurutnya, kunjungan pengusaha asal negeri jiran itu lengkap dengan produk-produk yang dibawa dan ada kerja sama kedua belah pihak, sehingga pasaran produk lokal yang saat ini di kelola oleh UMKM dapat dikenal luas hingga ke luar negeri.

"Potensi menjadi lebih luas lagi produk-produk indonesia. Dan bisa bersumber dari potensi perikanan, dan kita pertemukan dulu, serta nanti kita ikat dalam suatu kerja sama," ujarnya.

Sofian mengatakan pihaknya akan menanggapi pertemuan tersebut secara serius. Pasalnya, pertemuan pengusaha itu juga menghadirkan Kepala Bea Cukai, Imigrasi, Pelabuhan hingga otoritas Bandara Juwata Tarakan. Sehingga, terkait persoalan pengiriman barang atau ekspor-impor dapat terealisasi dengan tidak melanggar aturan.

"Kedua negara ini bisa jadi kerjasama, bukan ketemu-ketemu terus. Endak jadi- jadi, nah ini saya harapkan, dengan pertemuan ini bisa jadi, sekali lagi bukan untuk Indonesia Malaysia saja," ungkapnya.

Sofian mengatakan produk-produk lokal Tarakan akan di fokuskan pada kwalitas, label halal hingga yang menarik. Pasalnya, dalam pasar internasional dibutuhkan berbagai faktor pendukung sehingga mampu bersaing.

"Sudah waktunya nih, bisnis hanya di kampung sendiri bisa sampai dimana, sebaiknya produk kita bisa keluar semua, bagaimana pun caranya ini adalah kesempatan menarik, kita kasih semangat bagaimana produk itu ada pembelinya," tuturnya.

Reporter: Geger Adi Kustanto


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI