Gubernur Layangkan Surat ke DPRD Soal Molornya Pengesahan APBD 2017

| 101 Views
id Gubernur Layangkan Surat ke DPRD Soal Molornya Pengesahan APBD 2017
Gubernur Layangkan Surat ke DPRD Soal Molornya Pengesahan APBD 2017
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie

Newstara.com TARAKAN - Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H Irianto Lambrie memimpin rapat bersama dengan seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kepala Biro di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltara pada Senin siang, (02/10/2017) mulai pukul 14.00 Wita hingga selesai di Tarakan Plaza Hotel.

Rapat tersebut membahas rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kaltara, yang akan dilakukan pada pekan depan, selain itu pembahasan mengenai keterlambatan pengesahan APBD Perubahan 2017, dimana seharusnya sudah disahkan pada tanggal 30 September 2017 lalu.

"Terkait hal ini, saya minta secepatnya dibuat surat resmi untuk meminta penjelasan kepada DPRD Provinsi Kaltara, soal penundaan pengesahan APBD Perubahan ini," tuturnya.

Surat resmi tersebut rencananya akan ditembuskan kepada sejumlah pihak-pihak terkait, antarala lain Menteri Dalam Negeri, KPK RI, BPK RI, Kepolisian dan lainnya.

"Kita harus sikapi hal ini, karena keterlambatan ini akan ada konsekuensi termasuk sanksi dari pusat," tuturnya.

Sekedar informasi, bahwa keterlambatan pelaporan pengesahan Perda APBD ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan berimplikasi terhadap pemotongan dana-dana yang berasal dari pusat, salah satunya adalah Dana Alokasi Umum (DAU).

Selain itu, serapan anggaran dinilai masih cukup rendah sehingga diharapkan seluruh pimpinan OPD dan Biro harus menggenjot realisasi anggaran bagi OPD dan Biro yang masih memiliki serapan rendah. Karena menunjukkan sejumlah kinerja yang lambat, sehingga akan ada konsekuensinya.

"Selanjutnya, kita bahas juga soal penerimaan CPNS di Pemprov Kaltara.
Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kepanitiaan," tutur Gubernur Irianto.

"Terutama pada saat verifikasi berkas yang telah bekerja siang malam melayani para calon pelamar yang jumlahnya mencapai ribuan bahkan puluhan ribu," tambahnya.

Hal lainnya, mengenai agenda kerja Pemprov Kaltara dalam beberapa hari ke depan. Salah satunya, rencana pertemuan dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) terkait investasi di Kaltara pada 12 Oktober nanti. Juga beberapa agenda lainnya. (Humas)


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK