Catatan Gubernur Irianto Untuk Presiden RI Joko Widodo

| 101 Views
id Catatan Gubernur Irianto Untuk Presiden RI Joko Widodo
Catatan Gubernur Irianto Untuk Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo bersama istri dan Gubernur Kaltara. (Foto: Humas)

Newstara.com TARAKAN - Presiden RI Joko Widodo telah menyelesaikan lawatnnya ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan pada Jumat sore, (09/7/2017) melanjutkan perjalanannya untuk menghadiri Perayaan 50 Tahun Sultan Hassanal Bolkiah Bertahta atau Golden Jubilee Celebration of His Majesty's Accession to The Throne yang dilaksanakan di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Dalam catatan singkat Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Dr. H. Irianto Lambrie serta mewakili masyarakat Kaltara, Gubernur yang cukup banyak memberikan prestasi di Kaltara ini mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Presiden dan istri serta rombongan tersebut.

Ini Petikan Catatan Gubernur Irianto Lambrie :

Atas Nama Masyarakat Indonesia di Kalimantan Utara, selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden H Joko Widodo dan Ibu Hj Iriana Joko Widodo di Provinsi termuda ini. Kunjungan Bapak kali ini bukan hanya membawa berkah dan kebahagian, tetapi juga mencetak sejarah.

Di mana sejak 227 tahun usia Tanjung Selor, sebuah ibukota kecil yang terletak di belahan utara Indonesia, dikunjungi seorang Pemimpin Negeri. Dan Pemimpin tersebut adalah Bapak Joko Widodo. Dalam kesempatan ini, kami juga mengucapkan ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Ibu Negara Hj Iriana Jokow Widodo yang berulang tahun pada tanggal 1 Oktober lalu.

Saya Ucapkan terima kasih pula kepada Bapak Presiden atas keberpihakan dan perhatian khusus kepada provinsi Kalimantan Utara. Utamanya keberpihakan Bapak Presiden untuk percepatan pembangunan di wilayah perbatasan. Yang meliputi, pembangunan sarana infrastruktur berupa jalan dan jembatan, serta bandara untuk membuka keterisolasian wilayah perbatasan.

Kemudian di bidang pendidikan, kesehatan. Dan terutama listrik, di mana baru pada periode kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi, masyarakat perbatasan menikmati listrik dan subsidi BBM. Kemudian kebijakan diskresi Bapak Presiden, pada saat Pemerintah melakukan moratorium penerimaan ASN, Provinsi Kaltara diberikan kesempatan untuk menerima calon ASN sebanyak 500 formasi.

Ini menjadi kesempatan bagi warga Kaltara, juga Indonesia untuk menjadi ASN di Kaltara. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas terbitnya Perpres 58 Tahun 2017, sebagai revisi Perpres Nomor 3 Tahun 2016, tentang percepatan Proyek Strategis Nasional. Di mana Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi dan Bandara Sebatik masuk di antara Proyek Strategis Nasional (PSN).

Perlu saya sampaikan, sejumlah investor berminat untuk investasi di Kawasan Industri ini. Ada yang berasal dari China, Korea Selatan, Kanada dan juga dari dalam negeri seperti PT Inalum (persero). Saya laporkan, kita juga sedang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, yang dikerjakan oleh investor, PT Kayan Hidro Energi, yang insya Allah pembangunan konstruksinya akan dimulai awal 2018 nanti.

PLTA di Sungai Kayan diproyeksikan akan menghasilkan daya 9000 MW. Dan pada tahap I akan menghasilkan 900 MW. Tidak hanya di Sungai Kayan, beberapa sungai di Kaltara juga memiliki potensi besar untuk dibangun PLTA. Seperti di Kabupaten Nunukan dan Malinau.

Bahkan beberapa perusahaan asing dari China, Korea dan Malaysia sudah siap untuk membangunnya. Di samping itu, saya juga melaporkan dua hal penting kepada Bapak Presiden. Pertama soal percepatan pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor, yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Kami berharap Bapak Presiden bias mengeluarkan Perpres atau Instruksi Presiden untuk percepatan pembangunannya. Kemudian yang terakhir, saya menyampaikan amanah dari masyarakat di Perbatasan. Yaitu adanya harapan dan dambaan masyarakat terhadap terwujudnya Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ada 5 DOB yang telah diusulkan dan telah membentuk Presidium DOB yang juga saya undang hadir untuk bertemu langsung dengan Bapak Presiden. Yaitu, DOB Sebatik, Krayan dan Kabudaya di Nunukan. Apau Kayan di Malinau dan DOB Tanjung Selor (Ibukota Provinsi Kaltara), dengan Kabupaten Induk Bulungan. Mohon dukungan Bapak Presiden terhadap pembentukan 5 DOB ini, karena kesemuanya berada di beranda depan NKRI.

Terima kasih Bapak Presiden

Reporter: Andika


Baca Juga
Inysa Allah, Wagub H Udin Buka Acara Jalan Santai & Zumba Newstara
Keluarga Besar Coto Makassar Daeng Abu Borong 100 Lembar Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara