Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan

| 101 Views
id Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Ilustrasi Pemilu. (Foto: Dok)

Newstara.com TARAKAN - KPUD Tarakan mengumumkan daftar partai politik yang sudah menyerahkan dan mendaftarkan berkas-berkas administrasi kepesertaan verifikasi dalam Pemilu 2019 mendatang. Parpol tersebut antara lain, Partai Perindo Tarakan yang menyerahkan berkas pada tanggal 10 Oktober 2017, lalu disusul oleh DPD Partai Amanat Nasional Tarakan, lalu pada hari yang sama juga mendaftar Partai Nasdem Tarakan, lalu pada tanggal 14 Oktober 2017 yakni Partai Solidaritas Indonesia, dan pada hari ini 15 Oktober 2017 adalah Partai Gerindra Tarakan.

Ketua KPUD Tarakan Teguh Dwi Subagyo mengingatkan partai politik yang belum mendaftarkan verifikasi berkasnya, untuk segera menyusul pendaftaran karena dikhawatirkan pada saat parpol mendaftarkan kepesertaan pemilu di waktu-waktu terakhir, lalu terjadi salah satu berkas tidak lengkap dan diharuskan untuk melengkapi terlebih dahulu sementara waktu sudah tidak memungkinkan maka dapat terjadi gugur.

"Kami berharap, teman-teman segera mendaftarkan parpolnya baik yang parpol baru dan lama, khawatirnya daftar terakhir lalu terjadi berkas tidak lengkap sementara waktu sudah habis maka bisa saja gugur atau si parpol nanti bolak-balik, kan kasihan...," tutur Teguh kepada Newstara.com pada Minggu siang, (15/10/2017) di KPUD Tarakan.

Namun untuk menghindari hal tersebut, KPUD Tarakan akan membuka pendaftaran hingga pukul 12.00 Wita (tengah malam) pada hari terakhir yakni Selasa 17 Oktober 2017. Sehingga, partai politik yang belum lengkap berkas-berkas pendaftaran verifikasi tersebut maka dapat segera melengkapinya dengan cepat.

"Lusa kita hari terakhir, dan setelah itu baru kita mulai verifikasi lalu untuk tahapan selanjutnya berkas-berkas tadi kita serahkan ke KPU RI di Jakarta, nanti di umumkan oleh pusat apakah parpol-parpol tersebut lolos atau tidak," ujarnya.

Teguh juga mengingatkan beberapa kasus seperti salah satu parpol yang sudah mendaftarkan verifikasi di KPU RI di Jakarta, namun di beberapa daerah tidak mendaftarkan parpolnya maka akan dihitung telah mengurangi kuota persyaratan verifikasi KPU. Sehingga, akan menjadi keputusan KPU apakah akan lolos verifikasi atau tidak.

"Bisa saja kasus  terjadi, namun kecil kemungkinan, namun tidak menutup kemungkinan, tapi pada intinya kita di KPUD ini hanya menerima berkas dan verifikasi kelengkapannya lalu data tersebut kita bawa ke KPU, nanti pusat yang menentukan apakah lolos atau tidak," ujarnya.

Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk di KPUD Tarakan :
1. Perindo Tarakan (10 Oktober 2017)
2. Partai Amanat Nasional Tarakan (13 Oktober 2017)
3. Partai Nasdem Tarakan (13 Oktober 2017)
4. Partai Solidaritas Indonesia (14 Oktober 2017)
5. PDIP Tarakan (14 Oktober 2017)
6. PKS Tarakan (15 Oktober 2017)
7. Gerindra Tarakan (15 Oktober 2017)

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI