KPUD Tarakan, Arief-Joko Paslon Independen Paling Serius di Pilwali

| 101 Views
id KPUD Tarakan, Arief-Joko Paslon Independen Paling Serius di Pilwali
KPUD Tarakan, Arief-Joko Paslon Independen Paling Serius di Pilwali
paslon jalur perseorangan non-partai, Khaeruddin Arief Hidayat dan Joko Slamet. (Foto: Dok)

Newstara.com TARAKAN - Ketua KPUD Tarakan, Teguh Dwi Subagyo menyebutkan pasangan calon independen atau perseorangan non partai yakni Khaeruddin Arief Hidayat dan Joko Slamet terlihat lebih serius untuk maju dalam Pilwali Tarakan periode 2019-2024. Keduanya, bahkan kerap kali melakukan komunikasi terkait syarat-syarat yang ditentukan oleh KPU sesuai undang-undang yang berlaku.

Teguh mengatakan selain persyaratan lainnya yang harus dipenuhi, jalur independen memiliki syarat mutlak agar dapat lolos verifikasi dan masuk sebagai salah satu bursa kandidat Pilkada Tarakan. Antara lain, memiliki dukungan sebanyak 10 persen dari jumlah DPT dari pemilu terakhir. Seperti dalam Pilgub dua tahun lalu dengan jumlah pemilih sekitar 144.049 untuk kota Tarakan, maka harus terpenuhi kuota kisaran 14.405 pemilih.

"Jadi sepuluh persen harus dipenuhi bagi tim yang mengumpulkan KTP," tutur Teguh kepada Newstara.com pada Minggu siang, (15/10/2017) di kantor KPUD Tarakan.

Teguh mengatakan, selain paslon Arief Hidayat dan Joko Slamet juga ada beberapa tim dan calon lainnya yang telah menghubunginya untuk menanyakan jalur perseorangan alias non-partai. Namun, dirinya tidak ingin membuka siapa nama-nama yang berkeinginan maju dalam Pilwali tanpa partai politik tersebut.

"Tidak etislah saya sebutkan,  namun saya kira yang paling intens dan serius sampai saat ini baru pak Arief dan pak Joko," ujarnya.

Sekedar info, Khaeruddin Arief Hidayat merupakan salah satu kader Partai Amanat Nasional (PAN), sementara Joko Slamet adalah kader partai Demokrat. Keduanya menggunakan jalur perseorangan atau non-partai, dengan melihat beberapa pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI