Hingga Pukul 6 Sore, KPUD Kebanjiran 7 Parpol Mendaftar

| 101 Views
id Hingga Pukul 6 Sore, KPUD Kebanjiran 7 Parpol Mendaftar
Hingga Pukul 6 Sore, KPUD Kebanjiran 7 Parpol Mendaftar
Hingga pukul 6 sore, KPUD Tarakan menerima 7 berkas parpol yang mendaftar. (Foto: Dok)

Newstara.com TARAKAN - KPUD Tarakan mencatat hingga pukul 18.00 Wite atau hari terakhir pendaftaran partai politik (Parpol) pada Senin, (16/10/2017) untuk ikut dalam kepesertaan Pemilihan Umum (Pemilu) sebanyak 7 parpol, antara lain Partai Golkar, Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Hanura, PKB, Partai Garuda dan Partai Idaman. Dimana parpol tersebut hanya berselang 30 hingga 60 menit mendatangi kantor KPUD Tarakan.

Ketua KPUD Tarakan Teguh Dwi Subagyo mengatakan saat ini hari terakhir pendaftaran telah masuk berkas dari 6 parpol dan satu parpol lainnya yakni Partai Idaman masih menunggu konfirmasi pendaftaran di KPU RI di Jakarta, namun secara prinsip 7 dokumen sudah diserahkan kepada KPUD Tarakan.

"Sudah clear dan dokumen yang baru semua sudah lengkap dan kita masih menunggu lagi bila ada parpol yang mau mendaftar, hanya Partai Idaman yang telah melapor," tuturnya kepada Newstara.com pada Senin malam, (16/10/2017).

Teguh mengatakan beberapa menit lalu dirinya dihubungi oleh Partai Bulan Bintang (PBB), bahwasannya partai itu akan mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta pemilu pada malam ini sekitar pukul 19.00 Wita atau secara serentak bersamaan dengan pengurus PBB pusat di Jakarta.

"Saya kira ini hanya amsalah waktu saja, dan kita harap semua partai peserta pemilu dapat mendaftarkan segera, kalau PBB sama Partai Idaman memang mereka menunggu dari pengurus pusat di Jakarta dulu mendaftar, baru di ikuti sama mereka di Tarakan ini," tutur Teguh.

KPUD Tarakan sendiri membuka pendaftaran peserta parpol untuk pemilu periode ini hingga pukul 12.00 Wita atau tengah malam. Tim yang disiapkan pun secara bergantian untuk menjaga meja pendaftaran sebanyak 2 hingga 3 orang untuk melakukan verifikasi berkas awal saat pendaftara. Setelah itu, tahapan selanjutnya akan kembali dibentuk untuk melakukan verifikasi faktual sampling 10 persen KTA dan pengurus-pengurus partai tersebut.

"Insa Allah, teman-tema tim kita siap siaga hingga jam 12 malam ini, karena hari terakhir dan untuk verifikasi faktual nanti hanya 10 persen sampling saja yang kita periksa," tutur Teguh.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI