Tahapan Pilwali Tarakan Hingga Target Pemprov Untuk Pemilih Pemula

| 101 Views
id Tahapan Pilwali Tarakan Hingga Target Pemprov Untuk Pemilih Pemula
Tahapan Pilwali Tarakan Hingga Target Pemprov Untuk Pemilih Pemula
Kantor KPUD Tarakan.(Dok)

Newstara.com TARAKAN - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak 2018, sudah mulai terlihat di Kota Tarakan yang akan memilih Walikota dan Wakil Walikota yang baru periode 2019-2024. Alhasil, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berharap kesadaran para pemilih terutama untuk para pemilih pemula yang menjadi perhatian seluruh pihak.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara Sanusi mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara menargetkan para pemilih pemula di Kota Tarakan yang berusia 17 tahun pada 27 Juni 2018 dapat menunjukkan partisipasinya untuk memilih salah satu pasangan calonnya untuk memimpin Kota Tarakan selama 5 tahun kedepan.

"Eksistensi pemilih pemula di Tarakan untuk menyukseskan Pemilukada di Tarakan, sangat penting. Karena, kalau tidak bersuara, maka kita akan menyesal belakangan, jangan sampai ini terjadi," tutur Sanusi saat membuka Penyuluhan Hukum dan Politik Terhadap Pemilih Pemula yang Cerdas Dalam Menyambut Pemilihan Kepala Daerah di Kota Tarakan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Hotel Duta Tarakan, Selasa (14/11/2017).

Sanusi mengatakan, paradigma lama bahwa lebih baik tidak memilih, daripada sakit hati karena yang didukungnya gagal, harus dapat diubah karena sebagai negara berdemokrasi, maka para pemilih di Indonesia dapat menyalurkan haknya. Apakah nantinya si calon menang atau tidak namun sang pemilih harus tetap berbesar hati.

"Didalam pemilihan umum, terdapat bahan pembelajaran yang bermanfaat besar. Sekaligus pematangan bagaimana cara warga negara Indonesia berdemokrasi. Khususnya, bagi pemilih pemula yang akan terbiasa berdemokrasi dengan cara menghormati pilihan dan pendapat orang lain yang berbeda," tutur Sanusi.

KPU sendiri menetapkan Tahapan Pemilukada 2018 di Tarakan antara lain :

12 Oktober - 11 November 2017 
Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)

12 Februari 2018
Penetapan Pasangan Calon (Paslon) 

15 Februari hingga 23 Juni 2018
Kampanye Paslon

27 Juni 2018
Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara

1 Maret 2018
Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih 

Reporter: Adity L


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI