Gubernur Irianto Ingatkan Klaim Lahan KIPI Tanah Kuning Mangkupadi

| 101 Views
id Gubernur Irianto Ingatkan Klaim Lahan KIPI Tanah Kuning Mangkupadi
Gubernur Irianto Ingatkan Klaim Lahan KIPI Tanah Kuning Mangkupadi
Gubernur Irianto ingatkan klaim atas lahan KIPI Tanah Kuning Mangkupadi. (Foto: Dok)

Newstara.com TANJUNG SELOR - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) membentuk Tim Khusus yang bertugas secara intensif melakukan pengawalan, membantu dan memfasilitasi pihak investor agar Investasinya dapat terealisasi di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi. Namun, berkaitan dengan lahan-lahan di lokasi tersebut di ingatkan orang nomor satu di Kaltara itu untuk tetap mewaspadainya.

"Semua pihak untuk dapat mengantisipasi adanya tindakan klaim lahan oleh oknum masyarakat. Karena, menurut evaluasi pihak Pemprov Kaltara, lahan yang akan digunakan PT Inalum sudah cukup bebas dari masalah klaim lahan. Kewaspadaan dini dan persiapan matang untuk proses pembebasan lahan harus dilakukan. Ini agar investasi tidak berhenti, karena faktor persoalan klasik (lahan) tersebut," tutur Irianto.

"Pemprov Kaltara juga membentuk Badan Pengelola Kawasan yang akan bertugas khusus mengelola penggunaan lahan yang akan digunakan untuk kebutuhan investasi. Saat ini sedang kita konsultasikan dengan Kementerian Perindustrian," tambahnya.

Gubernur Irianto mengatakan percepatan realisasi investasi Inalum sedianya dilakukan secara terintergrasi dengan rencana investasi lainnya. Seperti pembangunan pembangkit tenaga listrik yang konservatif, PLTA Kayan. Dan pembangunan pelabuhan hingga perindustrian lainnya.

"Saat ini Inalum telah berkantor di Kaltara, juga menawarkan untuk membangun pelabuhan sendiri. Ini guna memudahkan mereka mengirimkan hasil industrinya ke industri pengolahan aluminium mereka, namun Namun rencana pembangunan pelabuhan tersebut patut memperhatikan rencana Pemprov Kaltara yang juga ingin
membangun pelabuhan internasional di KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi," ujar Gubernur Irianto. (Humas)


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI