Ada Apa di Suzhou-China Dan Hubungannya Dengan KIPI Tanjung Selor

| 101 Views
id Ada Apa di Suzhou-China Dan Hubungannya Dengan KIPI Tanjung Selor
Ada Apa di Suzhou-China Dan Hubungannya Dengan KIPI Tanjung Selor
Ada Apa di Suzhou-China Dan Hubungannya Dengan KIPI Tanjung Selor. (Foto: Humas)

Newstara.com TARAKAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama sejumlah Kementerian Pemerintahan Jokowi-JK seperti perwakilan Kemenko Ekonomi, Kemenko Maritim, Kementerian PPN/Bappenas, Kemenhub, BKPM, serta dari provinsi yang masuk dalam GMF-BRI atau One Bell dan One Road Invitation antara China dan Indonesia, serta para pengusaha lokal.

Diajak oleh pihak China Development Bank (CDF) untuk meninjau dan belajar di kawasan industri, Suzhou Industrial Park. Dimana para delegasi asal Indonesia di bawa ke Kota Suzhou, dengan menempuh perjalanan selama 5 jam dari Beijing dengan menggunakan kereta listrik.

Alhasil, kota berpenduduk kurang lebih 1,2 juta jiwa tersebut terlihat cukup modern, dan tertata rapi, bersih serta indah. Bahkan, tidak terlihat adanya kemacetan lalu lintas. Dimana lokasi tersebut, berdiri sebuah Suzhou Industrial Park yang telah dilakukan pembangunannya sejak tahun 1994 lalu.

"Sekarang telah terbentuk sebuah kawasan industri di atas lahan seluas 25.000 hektare (Ha), dan ini sama dengan luasan yang kita siapkan untuk Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kaltara," tutur Gubernur Irianto.

Suzhou Industrial Park bergerak di produk-produk manufakturing, dry port, produk IT, furniture, bio madicine, teknology aquiment dan lainnya bahkan terbilang bukanlah sebuah industri berat. Namun, memiliki penataan yang baik karena terdapat Pelabuhan di sungai dan ramah lingkungan.

"Suzhou Industrial Park ini dibangun atas kerjasama China-Singapura yang dimulai sejak tahun 1994. Dengan pendanaan dari CDB (China Development Bank). Saya menginginkan untuk di KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi juga dibuat begini. Yaitu atas kerjasama Indonesia-China," tutur Irianto.

Pada kawasan industri tersebut, juga terbangun sebuah kota baru yang cantik, rapi dan bersih dimana penataan kota dibuat dan dibentuk sedemikian rupa, dengan tetap berbudaya khas kota tua Suzhou yang berbasis danau dan sungai.

"Kota ini hampir sama dengan Tanjung Selor. dan harapan kita bukan hal tidak mungkin, kita optimis ke depan Kaltara, utamanya Tanjung Selor bisa seperti di Suzhou," tutur Irianto. (Humas)


Baca Juga
Inysa Allah, Wagub H Udin Buka Acara Jalan Santai & Zumba Newstara
Keluarga Besar Coto Makassar Daeng Abu Borong 100 Lembar Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara