PLTA Sembakung Mengadopsi PLTA Milik Yunan-China

| 101 Views
id PLTA Sembakung Mengadopsi PLTA Milik Yunan-China
PLTA Sembakung Mengadopsi PLTA Milik Yunan-China
Gubernur Irianto saat melihat langsung bendungan PLTA di Provinsi Yunan-China. (Foto: Humas)

Newstara.com TARAKAN - Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. Ir. H. Irianto Lambrie melihat langsung kondisi bendungan Cin’an Xiuw (bendungan jembatan jing’an) yang berada di Sungai Cing Sa atau Pasir Emas di sebuah daerah (setara Kabupaten) Liciang Provinsi Yunan, China.

Bendungan tersebut merupakan salah satu hasil pembangunan investor yang bergerak di sektor energi yakni Hanergy Holdings Group Limited milik Li Hejun. Nantinya, Hanergy sebagai perusahaan investor akan membangun bendungan sekaligus Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan.

"Di Bendungan Cin’an Xiuw, juga telah dibangun PLTA yang menghasilkan listrik 3000 Megawatt (MW). Selain di Provinsi Yunan, listriknya dialirkan ke beberapa Provinsi di sekitarnya yaitu Kunming dan Guangdong yang berjarak 1600 kilometer," tutur Gubernur Irianto.

"PLTA di Sembakung untuk tahap awal diproyeksikan untuk menghasilkan listrik sebesar 250 MW, dan diproyeksikan akan memenuhi kebutuhan energi listrik di Kabupaten Nunukan dan Malinau. Bahkan, rencananya pasokan listrik akan dialirkan ke  wilayah Sebatik Nunukan dan Sabah Malaysia," tambah Gubernur Irianto.

Sementara, Anggota DPRD Kaltara dari fraksi Gerindra, Kosmas Kajan menyebutkan bahwa dirinya sangat mendukung langkah dan kinerja pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terkait penyelesaian krisis listrik. Dan dirinya ikut memastikan bahwa setiap proses investasi dan pembangunan dapat terwujud di Kaltara.

"Saya pribadi dan selaku agta DPRD dari fraksi Gerindra sangat mendukung perjuangan Gubernur untuk memastikan setiap proses investasi dan pembangunan di bidang energi dan kelistrikan ini dapat terwujud di bumi KALTARA. Hanya dengan langkah strategis itu investasi dapat tumbuh dan berkembang. Maka rakyat banyak dapat menikmati multi player efek dari pembangunan tsb. Teruslah berjuang Pak Gubernur. Teriring salam dan doa kami selalu. Semoga sukses apa yg telah kita ikhtiarkan demi kemajuan daerah Kaltara," ujarnya. (Humas)


Baca Juga
Inysa Allah, Wagub H Udin Buka Acara Jalan Santai & Zumba Newstara
Keluarga Besar Coto Makassar Daeng Abu Borong 100 Lembar Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara