Wow, Jelang Akhir Tahun 2017 Penjualan Kondom di Tarakan Naik 300 Persen

| 101 Views
id Wow, Jelang Akhir Tahun 2017 Penjualan Kondom di Tarakan Naik 300 Persen
Wow, Jelang Akhir Tahun 2017 Penjualan Kondom di Tarakan Naik 300 Persen
Wow, jelang akhir tahun 2017 penjualan kondom di Tarakan naik hingga 300 persen. (Foto: Ilustrasi)

Newstara.com TARAKAN - Pergantian akhir tahun biasanya akan dirayakan dengan berkumpulnya teman-teman dan keluarga sambil menikmati baka-bakaran jagung, ayam sambil menikmati kembang api di sejumlah tempat. Namun, ada pula sebagian warga merayakan malam pergantian tahun bersama pasangannya masing-masing, baik yang resmi ataupun tidak. Namun, secara fakta mengejutkan saat Newstara.com mengkonfirmasi tingkat penjualan alat pengaman jenis kondom disejumlah apotek di Kota Tarakan.

Secara mengejutkan, Newstara mengkonfirmasi di lapangan dari 3 apotek di Tarakan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman bahwa telah terjadi peningkatan pembelian kondom sejak beberapa hari terakhir menjelang puncak tahun baru 2017/2018, dengan pembeli yang kebanyakan merupakan usia produktif, seperti orang tua dan para remaja.

"Saya gak tau kalau di apotek lain, tapi kalau disini banyak yang beli kebanyakan remaja, yang dipilih kadang merk Sutra karena agak murah, kalau jenis Durek masih banyak stok, Sutra aja yang kurang dari 100 kotak," ujar MT disalah satu Apotek di Jalan Yos Sudarso Tarakan yang enggan menyebutkan namanya.

MT menyebutkan peningkatan pembelian kondom terjadi hampir setiap hari dan naik pada hari libur, namun pada saat memasuki akhir tahun terjadi peningkatan hingga 200-300 persen dari hari biasanya. Dimana pada hari-hari biasanya satu kotak kondom isi 3 bungkus, hanya terjual sekitar 5 hingga 7 kotak sementara pada hari libur biasanya terjual hingga 15 hingga 18 kotak kondom. Namun, sejak 2 hari terakhir yakni menjelang tahun baru sudah terjual sekitar 50 kotak lebih.

"Kalau saya kira-kira naik sampai 200 hingga 300 persen lah, karena biasanya memang naik penjualan kondom kalau mau tahun baru," tuturnya.

Senada, Dikson juga mengakui telah terjadi penjualan kondom di apotek tempatnya bekerja sejak 2 hari menjelang tahun baru di Tarakan, dengan penjualan rata-rata 100 kotak kondom baik itu merk Sutra, Durex, Fiesta. Bahkan, pemilik Apotek berencana memesan kembali kepada distributor. Namun, karena hari libur sehingga sedikit terkendala untuk penambahan stok.

"Kalau disini banyak dicari Sutra, Fiesta juga dan Durex, lumayanlah di tempat kita sudah terjual sekitar 200 kotak, memang kadang yang beli pria muda," tuturnya yang sempat mencegah redaksi Newstara.com yang ingin mencoba memotret Apotek dan wadah kondom yang setengah kosong tersebut dengan alasan menjaga privasi pembeli dan lainnya.

Apotek di Jalan Mulawarman juga mengalami hal yang sama dan telah terjadi kenaikan penjualan hampir mencapai 100 persen. Dimana biasanya, terjual sekitar 10 kotak dan sejak 2 hari terakhir sudah terjual sekitar 20 kotak lebih, dan dipastikan akan terus meningkat karena pada hari ini adalah puncak penjualan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Sudah naik sejak kemaren, kita sudah sampai 10 kotak dari berbagai merk, dan ini kita baru buka yah belum tau ada apa nggak, tapi biasanya memang naik itu yang beli kondom, coba nanti siang sampai malam pastilah banyak yang beli, apalagi orang mau cek in - cek ini," tutur Amela.
 
Sementara, salah satu pembeli sebut saja AA yang membeli kondom di salah satu apotek Jalan Yos Sudarso Tarakan mengakui membeli alat pengaman kontrasepsi itu hanya untuk sekedar jaga-jaga di malam tahun baru, saat dirinya menghabiskan waktu bersama pasangannya.

"Cuma jaga-jaga saja, sedia payung sebelum hujan kata orang mas," tutur AA santai.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar