Wow, Ponton Ratusan Ton Hantam Dermaga Tengkayu, Minsen Express Gagal Berangkat

| 101 Views
id Wow, Ponton Ratusan Ton Hantam Dermaga Tengkayu, Minsen Express Gagal Berangkat
Wow, Ponton Ratusan Ton Hantam Dermaga Tengkayu, Minsen Express Gagal Berangkat
Ponton ratusan ton hantam Dermaga Tengkayu. (Foto: Dok Netizen)

Newstara.com TARAKAN - Sebuah ponton yang biasa memuat batubara menghantam dermaga Pelabuhan Tengkayu Tarakan (SDF Tarakan), pada sisi kiri atau tempat keberangkatan pada Senin pagi, (15/01/2018) sekitar pukul 07.00 Wita. Data sementara, insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun atap dermaga kedatangan terlihat mengalami kerusakan, dan salah satu speedboat yakni Minsen Express diduga mengalami kerusakan pada buritan kapal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulungan Drs. Syafril yang juga saksi mata mengatakan, dirinya berada di kapal cepat Minsen Express yang akan bertolak ke Tanjung Selor, sekitar pukul 07.00 Wita, dan baru saja beberapa menit dirinya dan staf berada di atas kapal. Terdengar olehnya sejumlah penumpang dan ABK meng-evakuasi penumpang kembali ke dermaga yang diperkirakan seberat ratusan ton.

"Tadi kan hujan deras, cuacanya juga lumayan tadi kurang bagus, nah tadi ponton datang arah laut depan itu, tiba-tiba mendekat, dan bebrapa menit kemudian dekat sekali, dan kita diminta untuk turun ke dermaga, setelah penumpang sudah turun sempat memang kena speed Minsen belakangnya, yah saya telah sedikit lah, tidak masalah yang penting selamat," ujar Syafril kepada Newstara.com pada Senin pagi, (15/01/2018) di Pelabuhan Tengkayu Tarakan.

Saat dikonfirmasi, Penjaga loket Minsen Express, Saiful mengatakan speedboat tersebut gagal berangkat dan harus dilakukan sejumpah perbaikan, dan para penumpang dapat memilih apakah mengembalikan tiket dan diberikan uang 100 persen atau dapat membeli tiket lagi dengan rute yang sama, antara keberangkatan pukul 11.00 Wita atau pukul 13.00 Wita dengan tujuan Tanjung Selor.

"Saya tidak tahu kerusakannya apa saja, saya disini saja, cuma memang tidak bisa berangkat Minsen, uang tiket kita kembalikan penuh dan kalau mau kembali beli tiket yah boleh saja, ada yang jam 11 sama jam 1 siang ini," ujar Saiful kepada Newstara.com

Sementara, Kabid TU Dishub Kaltara, Djerman mengatakan saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk segera menindaklanjuti insiden tersebut, dan akan segera meminta pihak perusahaan untuk mengganti rugi kerusakan akibat kecelakaan tersebut.

"Kalau kami masih mengumpulkan data-data, sekarang sayapun tidak tahu namanya, kita kumpulkan data dulu dan nanti kita kordinasi ke kantor, bagaimananya dan yang jelas pihak perusahaan harus bertanggung jawab terkait kecelakaan tersebut," tutur Djerman kepada Newstara.com pada Senin pagi, (15/01/2018) di Pelabuhan Tengkayu Tarakan.

Sekedar informasi, saat ini Ponton yang biasa memuat batubara tersebut sudah ditarik ke tengah laut tempat biasanya di parkir untuk segera loading batubara. Sebelumnya, ponton yang sempat menabrak dermaga kedatangan Tengkayu Tarakan itu langsung ditarik oleh 2 kapal tongkang sekaligus, dan sekitar 30-40 menit kemudian sudah kembali pada posisi persis di tengah laut depan Pelabuhan Tengkayu Tarakan.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Mengenal Lupus, Penyakit Diderita Samsul Bahri Si Finalis LIDA Indosiar Asal Kaltara
Sangat Memilukan, Samsul Bahri Finalis LIDA Indosiar Ternyata Mengidap Lupus