Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Kunjungi Kaltara.

| 1374 Views
id Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Kunjungi Kaltara.
Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Kunjungi Kaltara.

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Marwan Ja`far menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para Gubernur dan Bupati yang telah memberikan dukungan dan komitmen terhadap penyelenggaraan transmigrasi selama ini.


Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama dalam penyelenggaraan transmigrasi antara Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kabupaten Bulungan yang diselenggarakan di Tarakan hari Rabu (17/6).


Sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 2014 pada pasal 130, pelaksanaan transmigrasi merupakan proses pembangunan lintas daerah yang dilaksanakan melalui mekanisme kerjasama antar pemerintah daerah.


“Kesepakatan bersama dalam pelaksanaan transmigrasi merupakan salah satu mekanisme yang dikembangkan di era otonomi daerah untuk mengatasi persoalan yang menjadi kendala pelaksanaan transmigrasi,”.


Marwan berharap Pemerintah Kabupaten/ Kota dapat menjadikan transmigrasi sebagai model pengelolaan kependudukan terintegrasi dengan pembangunan kewilayahan untuk mengoptimalkan dua kekuatan bangsa kita yaitu penduduk dan wilayah yang kaya potensi sumberdaya.
Lebih lanjut di katakana, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran menjadi salah satu misi dalam pembangunan daerah, baik transmigran maupun daerah yang di tuju. Khusunya, Provinsi Jawa Tengah dengan data pengangguran tahun 2014 sejumlah 996.344 jiwa.


“Salah satu alternatif yang menjadi program pilihan pemerintah setempat dalam mengatasi permasalahan pengangguran dan kemiskinan adalah melalui program transmigrasi,” ungkapnya.
Kendati demikian, tingginya minat masyarakat di Jawa Tengah untuk bertransmigrasi tidak sebanding dengan alokasi penempatan transmigran yang diberikan pemerintah pusat yang disebabkan karena keterbatasan APBN.


Untuk itu, maka pemerintah provinsi Jawa Tengah melakukan kerjasama ketransmigrasian dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui pola sharing APBD untuk menempatkan 100 KK transmigran asal Jawa Tengah di Lokasi Permukiman Transmigrasi di kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.


Marwan menyebutkan, Kabupaten Bulungan merupakan daerah sekaligus ibukota Provinsi yang ditargetkan menjadi Kabupaten penyangga pangan Pulau Kalimantan dan Nasional dengan pola “Food Estate“. Yang merupakan daerah yang potensial untuk petani/buruh tani Jawa Tengah dalam usaha merubah kehidupannya agar lebih baik.


”Sejak tahun 1983/1984 sampai saat ini transmigran asal Jawa Tengah yang telah ditempatkan diwilayah Kabupaten Bulungan sebanyak  1.190 KK = 4,480 Jiwa,” sebutnya.


Sebelumnya Provinsi Kalimantan Utara telah melaksanakan kesepakatan bersama dengan pola sharing APBD dengan Gubernur Jawa Timur. Kesepakatan Bersama tersebut dimulai sejak Tahun 2012 melalui sharing dana APBD dari Provinsi Jawa Timur untuk pembangunan RTJK sebanyak 600 unit untuk transmigran asal Jawa Timur dan pada tahun 2015 dilakukan kembali kesepakatan bersama dengan sharing dana untuk membangun  rumah transmigran sebanyak 100 unit.


Pada kesempatan ini Pemda Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan Kesepakatan Bersama dengan membangun RTJK sebanyak  100 unit untuk transmigran asal Jawa Tengah yang akan ditempatkan pada tahun 2016


Mengakhiri sambutannya Marwan Ja`far menginstruksikan kepada jajaran pegawai di lingkungan Ditjen PKP2Trans untuk terus giat mengadvokasi Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota untuk pelaksanaan program transmigrasi dengan tetap memperhatikan beberapa hal pokok perubahan sistem penyelenggaraan transmigrasi.


“Dengan demikian, Daerah Tujuan akan memperoleh manfaat berupa kesempatan pengembangan wilayah dan pembukaan isolasi, sementara Daerah Asal akan memperoleh manfaat berupa peluang usaha dan kesempatan kerja bagi penduduknya sekaligus pemenuhan kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan,” tuntas Marwan.

 


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI