Mendagri Pimpin Upacara HUT RI ke 70 di Perbatasan Kaltara

| 920 Views
id Mendagri Pimpin Upacara HUT RI ke 70 di Perbatasan Kaltara
Mendagri Pimpin Upacara HUT RI ke 70 di Perbatasan Kaltara

www.newstara.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan memimpin upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 70 tahun di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) atau tepatnya berbatasan langsung antara Indonesia dan Serawak, Malaysia.

Tjahjo bersama rombongan pada minggu sore, (16/08/2015) berada di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) untuk selanjutnya pada senin pagi, (17/08/2015) bertolak menuju Long Nawang-Malinau. 

Momentum peringatan HUT RI ke-70 dimanfaatkan Tjahjo untuk mengerti betul perjuangan-perjuangan para pahlawan Indonesia, dan sebagai gantinya di era saat ini perjuangan selanjutnya adalah membangun wilayah Indonesia, khususnya perbatasan yang menjadi beranda terdepan tersebut.

Sementara, para tetua adat suku Dayak asli yang sudah lebih dahulu mendiami wilayah Kayan Hulu di hutan lindung Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) di Kabupaten Malinau akan memberikan gelar kehormatan yang langsung diberikan kepada Kepala Adat Besar Apau Kayan Malinau.

Desa Long Nawang di Kayan Mentarang hanya bisa ditempuh menggunakan pesawat perintis selama kurang lebih 2 jam, dan wilayah kecamatan Kayan Hulu seluas 1.594 kilometer persegi. 

Di sebelah utara Kayan Hulu berbatasan dengan Kecamatan Kayan Hilir, sebelah selatan dengan Kecamatan Kayan Selatan, sebelah timur dengan Kecamatan Sungai Boh, serta di bagian barat berbatasan langsung dengan Serawak.

"Kalau memang ini menjadi keputusan yang disepakati (dengan Presiden), saya kira perlu dilakukan di seluruh pelosok perbatasan, termasuk juga diikuti oleh masyarakat, komponen PNS dan anggota TNI/Polri," tutur Tjahjo.

Pembangunan dari perbatasan penting untuk menjaga persatuan bangsa karena dia menilai warga yang tinggal di perbatasan lebih mengenal informasi dari negara tetangga dibandingan dari negaranya sendiri, yakni Indonesia.

"Setelah saya keliling ke semua perbatasan, apalagi di Kalimantan Utara perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, masyarakat di perbatasan sana lebih memahami dan mengikuti berita dari negara-negara tetangga. Oleh karena itu, rasa nasionalisme ini ingin terus kita kumandangkan di wilayah perbatasan," tuturnya.

Reporter: Cita Rahayu


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI