Paslon Yahya-Hendrik Gagal Lolos Karena Urine Mengandung Narkoba

| 1439 Views
id Paslon Yahya-Hendrik Gagal Lolos Karena Urine Mengandung Narkoba
Paslon Yahya-Hendrik Gagal Lolos Karena Urine Mengandung Narkoba

www.newstara.com - TIDENG PALA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung (KTT) pada hari ini Senin, (24/08/2015) mengumumkan hasil verifikasi untuk peserta pasangan calon yang akan mengikuti bursa Pemilukada di KTT. Namun, dari empat pasangan calon yang mendaftar, hanya satu pasangan calon yang didiskualifikasi. 

Pasangan yang dinyatakan gugur adalah pasangan Yahya HT dan Hendrik.  Pasangan itu gagal karena pada saat dilakukan test kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, terbukti urine milik Yahya HT dianggap mengandung zat kimia amphetamine dalam dosis tertentu.

Sebelumnya, pada test kesehatan yang pertama paslon Yahya HT memiliki urine yang mengandung amphetamine, namun atas kebijakan serta rekomendasi KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) KTT maka dilakukan lagi test urine untuk kedua dan ketiga kalinya. Namun,  lagi-lagi urine Yahya HT mengandung zat sejenis narkoba.

"Iya jadi sudah terbukti hasilnya sungguh mengejutkan, ini memang keputusan kita baik KPU dan Panwaslu KTT bahwa kita tetapkan pasangan Yahya dan Hendrik tidak lulus uji test kesehatan," tutur Ketua KPU Kabupaten Tana Tidung (KTT), Muchtar Bukoting kepada newstara.com pada Senin, (24/08/2015) di Tideng Pala.

Muchtar mengatakan, tes yang dilakukan oleh pihak RSUD Tarakan sebelumnya dianggap oleh pasangan calon telah di manipulasi, namun KPU dan Panwaslu KTT mengeluarkan surat rekomendasi untuk pemeriksaan ulang. Bahkan, pada tanggal 21 Agustus 2015 Komisioner KPUD KTT mendatangi rumah sakit untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dalam pemriksaan kesehatan itu.

"Kami mengadakan sidang Pleno, dan memang karena hasil tes urine tidak lolos, maka keputusan ini tetap kami lakukan, bahkan sudah tiga kali diperiksa tetap hsilnya positif," tuturnya.

Surat diskualifikasi bagi paslon yang gugur itu diserahkan langsung oleh Ketua KPU dan disaksikan oleh Panwaslu KTT serta timses. Saat berita acara serah terima di kantor KPU KTT, perwakilan diwakili oleh Hendrik bersama tim dari parpol pengusung.

Sementara, untuk pasangan yang lolos menjadi peserta cabup dan cawabup KTT adalah pasangan Undunsyah-Markus Yungking, Abey dan Fatah dan pasangan dari perseorangan yaitu Tajudin Noor dan Indra Jaya.

Ini dia Paslon yang lolos di Daerah Pemilihan Kabupaten Tana Tidung (KTT) Prov. Kaltara :
1. Akhmad Bey Yasin dan Abdul Fatah
Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan

2. Dr. Undunsyah, MH, M.SI dan Markus Yungking
Partai Amanat Nasional, PDI Perjuangan, Partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa

3. Tajuddin Noor dan Indrajaya
(Perorangan)

Reporter: Ani Murdiati


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI