Waduh, Bandara Tarakan Dihantam Dua Kali Angin Puting Beliung

| 5085 Views
id Waduh, Bandara Tarakan Dihantam Dua Kali Angin Puting Beliung
Waduh, Bandara Tarakan Dihantam Dua Kali Angin Puting Beliung

www.newstara.com - TARAKAN - Badan Meteorologi Klematologi Geofisika (BMKG) Kota Tarakan dikabarkan terjadi dua kali putaran angin puting beliung (water spout), yang berasal dari angin cumulunimbus  dengan kekuatan 34,8 knot atau sekitar 64,4 kilometer (Km) perjam. 

Puting beliung ini dideteksi terjadi dua kali pada pukul 08.34 hingga 08.48 Wita atau selama 14 menit dan yang kedua kalinya pada pukul 08.00 hingga 08.30 Wita atau sekitar 30 menit di posisi perairan sebelah barat Tarakan atau 2 hingga 4 kilometer dari landasan pacu (runway) Bandara Juwata Tarakan. Alhasil, satu pesawat yang ingin melakukan take off di tunda beberapa menit.

"Memang durasi hanya 14 menit dan 30 menit, jadi dua kali puting beliung, dan kejadian ini merupakan kali pertama, namun hal ini sudah kita laporkan kepada pihak Bandara Tarakan, untuk mengantispasi insiden buruk, namun sekarang penerbangan bisa dilanjutkan lagi," tutur juru bicara BMKG Tarakan, William Sinaga.

Menurutnya, ada indikasi bahwa ini merupakan dampak terjadinya cuaca kekeringan yang melanda sejumlah kota di Indonesia termasuk di kota-kota di Kalimantan. 

"Bagi kami ini kejadian langka, namun tidak terjadi kerusakan karena hanya ber skala 1 hingga skala 2, memang tadi di laut yang paling besar terjadi di laut, tapi sekarang belum ada laporan kerusakan atau korban," ujarnya.

Sebelumnya BMKG Tarakan juga mendeteksi terjadi angin puting beliung di Pulau Bunyu dan Nunukan. Namun, tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang signifikan. 

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ini Daftar Sementara Berkas Parpol Masuk ke KPUD Tarakan
Gubernur Irianto Hadiri FGD Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK