Pemda Bulungan Percepat Bangun 2 Pembangkit Listrik

| 1347 Views
id Pemda Bulungan Percepat Bangun 2 Pembangkit Listrik
Pemda Bulungan Percepat Bangun 2 Pembangkit Listrik

www.newstara.com - TANJUNG SELOR - Pj Bupati Kabupaten Bulungan, Syaiful Herman mengatakan kebutuhan energi listrik merupakan pemenuhan dasar bagi masyarakat modern yang tidak boleh di tunda-tunda, namun persoalannya adalah pasokan listrik di wilayah itu berkurang seiring peningkatan ekonomi dan penambahan ambungan listrik baru bagi rumah tangga dan industri.

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam mempercepat proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peso yang power plan sebesar 6.080 Megawatt, sehingga dipastikan akan mampu memenuhi pasokan di Bulungan dan sekitarnya.

“Listrik harus ada kalau mau daerah Bulungan ini maju dan berkembang, sehingga dalam minggu ini kita lakukan rapat koordinasi, karena kita punya sungai Kayan yang bisa dimanfaatkan menjadi pembangkit. PLTA Peso juga belum selesai, mudah-mudahan pembangkit ini bisa segera selesai," tuturnya.

Selai PLTA Peso Bulungan, juga segera dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berlokasi di Desa Apung, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Dalam masterplan tersebut, PLTU Apung akan dibangun di lahan Technopark Apung seluas 30 hektar dengan power sebesar 2 Megawatt kepada masyarakat. 

"Pemerintah kerjasama dengan PT Sumber Alam Sekurau, mereka satu grup dengan PT Pesona Khatulistiwa Nusantara, jadi hasil produksi listrik untuk kebutuhan industri mereka dan sisanya untuk masyarakat," tuturnya.

Reporter: Arkham


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI