Jusuf SK dan Ketua Kadin Kaltara Target Akses Jalan ke Krayan Terealisasi

| 1065 Views
id Jusuf SK dan Ketua Kadin Kaltara Target Akses Jalan ke Krayan Terealisasi
Jusuf SK dan Ketua Kadin Kaltara Target Akses Jalan ke Krayan Terealisasi

www.newstara.com - TARAKAN - Calon Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Jusuf Serang Kasim, sepertinya satu pemikiran dengan Ketua Umum Kadin Kaltara yang baru saja terpilih yakni Kilit Lain soal membuka akses jalan dari Kabupaten Malinau menuju Kecamatan Krayan-Kabupaten Nunukan yang melewati Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM).

Jusuf SK menegaskan demi kesejahteraan masyarakat di wilayah pelosok maka dibutuhkan pembukaan akses jalan-jalan darat seperti di daerah Krayan, Krayan Selatan dan Malinau. Namun, selama ini wilayah perbatasan dan pelosok itu sulit dijangkau karena harus melewati hutan lindung yakni Taman nasional Kayan Mentarang (TNKM).

"Kenapa sangat sulit membangun akses jalan, ini kan untuk kebutuhan masyarakat juga, bsa dibangun dan biisa kita lakukan pembangunan disana, tapi memang tidak mudah butuh perizinan ke Kementerian Kehutanan dan stake holder lainnya, ada izin pinjam pakai kawasan hutan," tuturnya dihadapan anggota dan pengurus KADIN Indonesia saat Muprov I Kadin Kaltara pada Sabtu siang, (10/10/2015) di Hotel Swissbell Tarakan.

Sementara, Ketua KADIN Kaltara terpilih Kilit Lain menyebutkan tidak ada opsi lainnya untuk mensejahterakan masyarakat Krayan dan pelosok, selain pembangunan infrastruktur jalan tembus dari Kabupaten Malinau ke Krayan Nunukan.

"Dengan demikian maka masyarakat disana bisa berkembang dan sejahtera, kalau sekarang apa apa disana serba mahal," tuturnya.

Menurutnya, jika terdapat akses jalur darat di TNKM maka ekonomi masyarakat Krayan dan sekitarnya akan terus berkembang, penekanan biaya logistik hingga 50 persen dan akses informasi pun ikut meningkat.

"Kami dorong it terus, bersama sama dengan pemerintah dan dewan kami inginkan jalan akses krayan bisa tembus," tuturnya.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI