Patroli 3 Pesawat Super Tocano di Karang Unarang Dihantam Kabut Asap

| 1142 Views
id Patroli 3 Pesawat Super Tocano di Karang Unarang Dihantam Kabut Asap
Patroli 3 Pesawat Super Tocano di Karang Unarang Dihantam Kabut Asap

www.newstara.com - TARAKAN - Letnan Kolonel Dedi Iskandar dari tim "Snow Wolf" dan sekaligus Komandan Skuadron Udara 21 dari Lanud Abdurahman Saleh Malang Jawa Timur yang melakukan pemantauan patroli menggunakan pesawat super Tocano di wilayah perbatasan pada Jumat pagi, (16/10/2015) Terhalang kabut asap dengan jarak pandang kurang dari 1 kilometer (Km).

Menurutnya, kabut asap sempat menghalangi jarak pandang 3 pilot yang mengendarai masing-masing Super Tocano, namun saat mendekati wilayah Karang Unarang Blok Ambalat Provinsi Kaltara - Indonesia. Masih bisa terlihat wilayah perbatasan dan tidak terjadi satupun pelanggaran yang dilakukan oleh pesawat atau kapal asing militer Diraja Malaysia.

"Hari ini kita terbang dengan 3 pesawat di daerah sasaran Karang Unarang dan cuaca sangat jelek, dengan jarak pandang sangat terbatas tidak sampai 1 kilo, tapi kita terbang formasi dan masih bisa terlihat perbatasan, setelah melakukan pengawasan dan tidak terlihat adanya pelanggaran lalu kita kembali lagi ke Bandara Juwata Tarakan," tuturnya kepada newstara.com pada hari kedua keberadaannya di Kota Tarakan.

Menurutnya, kabut asap bisa sangat merugikan bagi para pilot pesawat Super Tocano karena pesawat itu dirancang dengan kecepatan tinggi. Namun, kabut asap yang terjadi masih bisa di tolerir sehingga tugas pengawasan dan patroli masih bisa dilaksanakan.

"Sangat mempengaruhi dengan pesawat yag memiliki kecepatan tinggi dan sangat merugikan, kami tetap pada aturan soal jarak pandang dan masih bisa take off dan masih bisa beroperasi. Namun apabila telah melampaui safety maka sementara kita delay," tuturnya.

Sekedar informasi, jarak pandang (within-visual-range/WVR) untuk pesawat jenis Super Tucano memang cukup terbatas antara 500 hingga 1 kilometer. Namun, kemampuannya sangat dahsyat jika menempuh operasi jarak jauh karena dilengkapi mesin jenis Hartzell 5-blade dan Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turboprop, dan masing-masing berkuatan 1.196 kW. 

Dengan mesin tersebut, Super Tucano bahkan mampu melesat hingga 590 km per jam hingga jarak 1.330 km. Kemampuan pesawat ini dalam sebuah pertempuran, mampu menampung tujuh jenis senapan mesin, yakni dua unit senapan mesin FN Herstal M3P kaliber 12,7 mm jenis di bagian sayap, 1 unit kanon GIAT M20A1 kaliber 20 mm di badan pesawat, senapan mesin FN Herstal HMP kaliber 12,7 mm, dan empat minigun Dillon Aero M134 kaliber 7,62 mm.

Masing-masing sayap mampu membawa 4 unit roket berkaliber 70 mm yang bisa digunakan untuk pertempuran udara atau menembak target di darat. Bahkan, Super Tucano bisa membawa bom dalam misi-misi tertentu.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI