Wah... Kabupatan Tana Tidung Punya 10 Lokasi Wisata

| 1454 Views
id Wah... Kabupatan Tana Tidung Punya 10 Lokasi Wisata
Wah... Kabupatan Tana Tidung Punya 10 Lokasi Wisata

www.newstara.com - TANA TIDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tana Tidung (KTT) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai melakukan pendataan lokasi wisata di wilayah tersebut. Ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah kabupaten (pemkab) untuk membuat konsep pengembangan potensi objek wisata dan menjadi salah satu sektor yang mampu menghasilan Pendapatan Asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Pendidikan Tana Tidung, Japar Sidik mengatakan konsep pengembangan wisata diwilayah Tana Tidung akan dilakukan secara serius. Saat ini data lokasi wisata sementara mulai dari Makam Kramat Mandul, Makam Kramat Menjelutung, Makam Habib Abdullah Idrus, Makam Kuno Seputuk, Batu Menangis Menjelutung, Hutan Lindung Sungai Sesayap, Air Panas Punduk Buong Baru, Batu Mapan Tideng Pale, Bunker Belanda Buong Baru hingga Gunung Rian di Kecamatan Muruk Rian.

“Kita memiliki banyak tempat wisata tapi belum terdata semua, jadi diperlukan pendataan dan kita akan membuat konsep mana lokasi wisata yang berpotensi untuk dikembangkan,"tuturnya kepada newstara.com

Menurutnya, lokasi wisata di Tana Tidung yang sudah dikenal masyarakat adalah wisata air terjun Gunung Rian, yang kabarnya memiliki keindahan panorama alam, lengkap dengan pohon-pohon yang telah berusia ratusan tahun. 

Sementara untuk memudahkan pengunjung melihat lokasi tersebut, maka Pemda KTT mulai membangun akses jalan sepanjang 500 meter dari bahu jalan utama menuju jalan masuk tempat wisata. Pengerjaan proyek itu di fokuskan pada penimbunan dan pengerasan jalan.

“Kita data dulu setelah itu kita bicaran lagi ini Gunung Rian mau diapain kedepannya, apakah di kembangkan gunungnya atau hutannya," ujarnya.

Sementara itu, lokasi wisata Gunung Rian sepertinya memiliki potensi untuk pengembangan perekonomian masyarakat disekitar lokasi dengan menjual beragam kerajinan-kerajinan khas Bumi Upuntaka agar dikenal secara luas.

Reporter: Ani Murdiati


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI