"Blusukan" Marthin Billa di Malinau, Bulungan, Tana Tidung dan Tarakan

| 1165 Views
id "Blusukan" Marthin Billa di Malinau, Bulungan, Tana Tidung dan Tarakan

www.newstara.com - MALINAU - Calon Wakil Gubernur dari nomor urut 1 dan berpasangan dengan Calon Gubernur Jusuf Serang Kasim, melakukan sejumlah kunjungan dan silaturahmi kepada para tokoh-tokoh di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Selama kurang lebih 3 hari redaksi Newstara.com mengikuti sang mantan Bupat Malinau ini ada kesan tersendiri.

Tim yang dibentuk relawan Pejuang dan Parpol Jusuf-Marthin bergerak ke pasar dan bertemu para tokoh di Kabupaten Malinau yang memang sudah familiar dengan sosok Marthin Billa dengan senyum khasnya kepada masyarakat.

Dialog singkat bersama pedagang Ardi yang menginginkan Marthin Billa akan memimpin Provinsi Kaltara, dan berharap banyak dilakukan pembangunan pasar tradisional dan bisa mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Malinau.

"Saya berharap pak Marthin bisa mensejahterakan warga Malinau, tapi saya yakin beliau bisa melakukannya karena dia adalah putra daerah, orang asli Malinau, secara logika mana mungkin Malinau tidak terbangun," tutur Ardi.

"Iyaa Malinau juga, daerah lain juga bah, banyak juga keluargaku tinggal di KTT sama Bulungan, pokoknya Kaltara semua dibangun dan masyarakatnya bisa sejahtera, karena pak Marthin memang orang Malinau, namun setelah menjabat saya yakin semua daerah akan dieprhatikan beliau," tutur Rasdi yang berada di pasar bersama Ardi.

Namun, jawaban Marthin Billa cukup bijak yakni semua daerah se Provinsi Kaltara akan dibangun, dan ditata rapi dan semua masyarakat di Kaltara harus bisa hidup sejahtera. Tanpa terkecuali, apakah dia pendukung si A atau si B, semua memiliki hak yang sama mendapat kesejahteraan.

"KIta akan berusaha sekuat-kuatnya untuk membangun daerah, karena daerah ini kita semua yang punya, mau siapa lagi yang membangun kalau bukan kita sendiri," tutur Marthin Billa.

Selain ke pasar Malinau dan berkunjung kerumah warga, Marthin Billa juga mendatangi Kabupaten Tana Tidung (KTT), disini tim mendatangi rumah warga mulai dari Hulu hingga hilir dan bertemu sejumlah tokoh dan warga, berdiskusi apa yang menjadi harapan dan keinginan warga di Kabupaten Tana Tidung (KTT).

"Kami hanya mengingninkan infrastruktur pembangunan lebih dipercepat di Kabupaten ini, karena waktu zaman nya pak Undunsyah daerah ini pelan tapi pasti terbangun, sekarang pembangunan tersendat. Dan jika bapak terpilih nanti, kami hanya menginginkan infrastruktur, infrastruktur dan infrastruktur," tutur Saifudin warga Tana Tidung. 

Dan ternyata pasangan Jusuf-Marthin juga memiliki konsep mau diapakan KTT ini, salah satu konsep yang akan dikembangkan adalah pembangunan pelabuhan yang bisa bersandar kapal-kapal besar, dan pembangunan jalan serta siring sepanjang sungai di KTT.

"Kita akan kordinasikan juga nanti dengan Bupati terpilih, tentang konsep kita untuk Kabupaten Tana Tidung, karena kami menginginkan pembangunan merata disemua daerah, selain itu yang paling penting adalah harus mendatangkan investor, sehingga terbuka lapangan kerja di KTT," tutur Marthin Billa.

Setelah mengunjungi Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung (KTT), tim kembali bergerak ke pasar Induk Kabupaten Bulungan. Saat itu, pagi hari dan sontak seisi pasar pun menjadi heboh karena kehadiran calon orang nomor dua di Kaltara ini. Dan lagi-lagi dengan senyum khasnya Marthin Billa menyapa setiap warga yang ditemuinya. Bahkan, diantaranya meminta foto selfie lengkap dengan backgroun ikan dan sembako-sembako. Bahkan, ibu-ibu memegang tangan Marthin Billa sambil menunjukkan jari telunjuk. Lalu, apa yang akan dilakukan paslon Jusuf SK-Marthin Billa di Kabupaten Bulungan seandainya terpilih memimpin Kaltara dalam 5 tahun kedepan.

Jawaban Marthin Billa dengan baiknya mengatakan Kabupaten Bulungan memiliki historis yang tidak dipisahkan dengan Malinau, KTT, Tarakan, dan Nunukan karena merupakan kabupaten induk. Semua wilayah dulu bersatu dibawah Kabupaten Malinau Provinsi Kaltim. Sehingga, pembangunan akan mengarah ke Kabupaten Bulungan, dan ditopang dengan kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan.

"Kita tidak bisa melupakan historis Bulungan, namun pembangunan yang kita lakukan memang harus di lakukan di Bulungan, jika kita terpilih maka wilayah ini akan menjadi pusat kegiatan saya bersama pak Jusuf, namun tetap saja daerah lain harus ikut bergerak maju, bagaimana caranya nah itu sudah kami konsep kan, mudah-mudahan kami diberikan amanah membangun Kaltara kedepan," tuturnya.

Setelah mengunjungi Kabupaten Bulungan bertemu para tokoh-tokoh di Ibukota Provinsi tersebut, perjalanan pun di akhiri di Kota Tarakan. Dan relawan Pejuang bersama simpatisan partai bergerak menemui sejumlah tokoh KTT dan Bulungan yangdan sempat berdialog dengan tokoh dan warga atas visi misi Jusuf-Marthin dalam membangun Kaltara kedepan.

"Banyak sudah konsep kita untuk membangun Kaltara, kita membangun dengan terencana, termasuk juga bagaimana harus wisata kita kembangkan, kalau dipikir kita ini banyak lokasi wisata yang membuat masyarakat luar terkesima, namun pengelolaannya kurang maksimmal, sehingga ini jga kita kembangkan, dan bisa menambah PAD kita kedepan," tutur Marthin Billla.

Reporter: Ikhsan M


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI