Polda Kaltara Akan Berdiri Tanpa Dibentuk Polres KTT

| 1982 Views
id Polda Kaltara Akan Berdiri Tanpa Dibentuk Polres KTT
Polda Kaltara Akan Berdiri Tanpa Dibentuk Polres KTT

www.newstara.com - TARAKAN - Prasyarat didirikannya sebuah wilayah kerja Polisi Daerah (Polda) disebuah Provinsi baru, minimal adalah 5 kantor Polisi Resort (Polres). Namun, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang baru saja dibentuk 3 tahun lalu melalui UU DOB pemekarakan Kaltara ternyata hanya memiliki 4 kantor Polres. Seperti Polres Tarakan, Polres Bulungan, Polres Nunukan dan Polres Malinau. Sementara Kabupaten Tana Tidung masih dalam proses.

Kepala Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Kaltim, Kombes Yasdan Rivai mengatakan saat ini persiapan lahan untuk mendirikan Polda Kaltara masih dalam proses. Namun, tinggal menunggu KTT yang masih dalam tahap proses persiapan infrastruktur dan pembentukan struktur organisasi. 

“Untuk Polda minimal kan ada lima Polres dibawahnya, tapi jika kebutuhan mendasar maka Kaltara bisa dengan empat Polres saja, sambil juga menunggu satu Polres terbentuk lagi di KTT," ujarnya.

Sementara, untuk wilayah kerja Kabupaten Tana Tidung harusnya dapat segera didirikan, karena persyaratan yang paling mendasar adalah jumlah penduduk, efisiensi karena saat ini masih bisa ditangani oleh Polsek Tana Tidung sehingga keberadaan Polres di lokasi tersebut belum dibutuhkan, tapi untuk membangun Polda Kaltara maka dibutuhkan 5 kantor Polres.

“Dana bisa dari APBN atau APBD atau bisa keduanya dikombinasikan, dan saya tidak dalam kapasitas menjelaskan besaran anggaran tersebut, namuun untuk mendirikan Polda, maka harus dihitung rinciannya, dan untuk wilayahnya apakah di Tarakan atau di Bulungan letak Polda akan di bahas lebih lanjut," tuturnya.

Kriterian penentuan lokasi Polda antara lain ketersediaan lahan, akses, tingkat kriminalitas dan lain-lain. Sedangkan proses pembangunan tergantung dari ketersediaan dana anggaran, dan saat ini belum ditentukan karena letak kantor Polda Kaltara belum bisa ditentukan.

“Nanti tim yang akan menentukan lokasi yang sesuai untuk pembentukan Polda Kaltim, kita juga membutuhkan lahan besar untuk kebutuhan kantor, asrama, operasional, tempat latihan dan lainnya. Saat ini, tim sedang melakukan study kelayakan pembentukan Polda Kaltara, nanti hasilnya akan diserahkan ke Mabes Polri untuk ditindak lanjuti," ujarnya.

Sementara, Walikota Tarakan Sofian Raga menegaskan akan menyiapkan lahan jika tim menentukan Kota Tarakan sebagai lokasi pembangunan Polda Kaltara, bahkan telah disiapkan dua lahan antara lain.

"Status lahan seluas 45 hektar sudah sertifikat, tetapi yang 40 hektar belum. Jadi ada dua lahan yakni di jalan Pangeran Aji Iskandar Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara," ujarnya.

Reporter: Yoga Prayogo


Baca Juga
Ayo Buruan Dapatkan Kupon Jalan Santai & Zumba Newstara Berhadiah Motor dan Puluhan Doorprize
Gubernur Irianto Buka-bukaan Soal Pembelian Pesawat N-219 Buatan DI