Connect with us

Covid-19

Gagal Bunuh Diri, Warga Gunung Lingkas Berstatus PDP Covid-19 Dan Penyelamatnya Wajib Karantina

Korban yang mencoba bunuh diri di pohon Boom Panjang Tarakan, dan kini berstatus PDP Covid-19. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Seorang warga di Jalan Kusuma Bangsa Gunung Lingkas yang diketahui mencoba melakukan bunuh diri di dekat pasar Boom Panjang (Tenguyun), pada Jumat dini hari, (15/05/2020) yang pada akhirnya dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaltara di Tarakan.

“Iya dia sekarang PDP Covid-19 setelah memiliki keluhan sesak nafas, walaupun tidak memiliki riwayat perjalana keluar kota,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan & Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes saat menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers online pada Sabtu pagi, (16/05/2020).

“Kan yang bersangkutan PDP jadi harus dilakukan uji laboratorium Sweb PCR, bukan hanya PDP, orang yang berstatus OTG juga dilakukan sweb, untuk mengetahui detail orang tersebut,” tutur dr Devi.

Setelah DM dinyatakan PDP Covid-19, maka sejumlah warga yang sudah ikut menolong atau menurunkannya dari pohon saat mencoba bunuh diri itupun harus membersihkan diri dan melepas serta mencuci baju hingga aksesoris yang dikenakannya pada saat itu. Apalagi, yang menolongnya termasuk dalam kategori kontak erat dengan pasien.

“Kan kontak erat, harusnya setelah menolong mereka pulang mandi dan melepas semua apa yang dikenakannya saat itu, kan sudah ada himbauan dan penekanan kita untuk cuci tangan, setelah memegang sesuatu apalagi orang yang di pegang harusnya cuci tangan, apalagi kontak langsung itu dan semua perlengkapan yang dipakai saat itu harus diganti,” ucap dr Devi.

“Tapi kan tidak semua warga ikut menolong, ada juga yang menonton. Jadi kita lihat lagi kedepannya si penolong ada keluhan nggak 14 hari kedepan,” tutupnya.

Sekedar informasi, Tim Gugus Tugas Covid-19 menghimbau kepada warga yang habis bersentuhan langsung atau kontak langsung dengan pasien PDP hingga pasien positif Covid-19, maka wajib melakukan karantina mandiri dirumahnya masing-masing serta menghubungi layanan Call Center 0813-5143-2112.

Sebelumnya, Pemuda warga Gunung Lingkas ini melakukan percobaan bunuh diri dengan cara gantung diri pada Jumat dinihari sekira pukul 01.15 WITA, di dekat dengan Pasar Tenguyun Boom Panjang Jalan Kusuma Bangsa Tarakan, warga yang melihat langsung menghubungi Polres Tarakan.

Namun, saat di evakuasi personel Polres Tarakan melihat korban masih bernafas dan segera di larikan ke RSUD Tarakan. Setiba di Rumah Sakit, yang bersangkutan langsung ditangani tim medis.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Covid-19