Connect with us

Covid-19

Jubir Devi: Tolonglah Jangan Kucilkan, Pasien Sembuh Tidak Bisa Tularkan Penyakit

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes menegaskan bahwa pasien yang sudah sembuh dan sudah dipulangkan ke tengah-tengah masyarakat, maka tidak akan menularkan kepada orang lain lagi. Sehingga, baik tetangga dan kerabatnya tidak perlu dikucilkan atau muncul stigma anggapan liar.

“Mohon kepada masyarakat agar tidak mengucilkan keluarga dan pasien yang dirawat di RSUD Provinsi di Tarakan maupun RSUK Tarakan, maupun pasien yang sudah sembuh dan pulang kerumahnya maka tidak perlu dikucilkan, karena mereka yang sembuh tidak bisa menularkan Covid-19 kepada orang lain,” tutur dr. Devi

“Kita harus membantu mereka, memang tetap menjaga jarak tapi jangan dibicarakan kesana kemari, bahkan ada tenaga kesehatan yang belum jelas hasil tes Lab Sweb nya, tapi sudah banyak tetangganya bilang sudah dijemput pakai APD lah, jadi tolong lah kita ini sama-sama manusia jangan menyebarkan berita atau informasi yang belum ada kebenarannya,” sambungnya.

“Berilah bantuan moral kepada kami tenaga kesehatan, karena kami tidak berharap kami terkena penyakit tersebut, dan belum ada hasilnya terus keluarga dan temannya sudah bilang positif lah, dan kalau bisa mohonlah tetap bijak untuk tidak menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,” sambungnya lagi.

dr. devi juga menjelaskan saat ini sudah terdapat 33 pasien yang sembuh total dan sudah diperbolehkan pulang kerumahnya masing-masing, dengan tetap menjaga kondisi kesehatan dan makan makanan sehat bergizi, serta tetap meminum vitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

“Sudah ada 33 yang sembuh, jadi karena pasien positif ada 46 orang pasien maka tersisa 13 orang lagi yang amsih dirawat,” tambahnya.

Juru bicara ini juga melaporkan perkembangan kasus Covid-19 hingga saat ini, Senin (08/06/2020) di Tarakan maka jumlah seluruh ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang sedang dipantau saat ini sebanyak 229 orang.

Jumlah seluruh OTG (Orang Tanpa Gejala) yang sedang dipantau saat ini sebanyak 50 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi postif COVID-I9.

Saat ini ada sekitar 3 hasil negatif dari PDP yang sedang dirawat, sehingga jumlah PDP saat ini yang sedang dirawat dan menunggu hasil sebanyak 3 orang.

Jumlah kumulatif konfirmasi positif tetap sebanyak 46 orang, pasien yang masih positif Covid-19 saat ini sebanyak 13 orang dan masih dilakukan perawatan di rumah sakit, dengan rincian 1 orang dirawat di RSUD Tarakan dan 12 orang dirawat di RSU Kota Tarakan.

“Jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 yaitu sebanyak 33 orang, dan kepada masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga ODP, OTG, PDP dan positif Covid-19. Mari kita bantu mereka semampu kita,” tutupnya.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Covid-19