Connect with us

Ekonomi

Ketua ISEI Kaltara Syaiful Anwar: Pesan Khusus Gubernur Irianto Lambrie Untuk Ekonomi Kaltara

Ketua ISEI Kaltara Syaiful Anwar. (Ft. Dok Fak. Ekonomi UBT)

Newstara.com TARAKAN – Ketua Umum Ikatan Sarjana EKonomi Indonesia (ISEI) Kalimantan Utara Syaiful Anwar mengatakan komponen struktur organisasi ISEI yang terdiri dari ABG (Akademisi, Bussinesman and Goverment) yang akan terus melakukan sejumlah inovasi dan kreatifitas dan ikut bersama-sama menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam pembangunan di Provinsi Kalimantan Utara.

“Baik antara para pengurus dan anggotanya dan Pemerintah kita harus saling bersinergi, bahkan kemaren kita mendapat arahan dari Pemprov Kaltara dalam hal ini Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie yang juga sekaligus sebagai penasehat ISEI Kaltara, beliau siap bersinergi dalam mengisi pembangunan dan memajukan ekonomi di Kaltara, karena setiap daerah memiliki potensi yang harus bersinergi dengan program Pemerintah,” ucap Syaiful Anwar kepada Newstara.com pada Senin pagi, (17/02/2020) di ruang kerjanya.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan ini berpendapat saat ini jaman era teknologi dan setiap pemuda pemudi milenial memegang peranan penting, sehingga suka tidak suka maka setiap individu harus memahami teknologi dan berkelanjutan dengan arah ekonomi kedepannya.

“Millennial memegang peranan sangat penting ya kan ke depan itu kita harus paham dengan teknologi, ya misalkan bergerak dalam bidang apa tidak jauh-jauh dengan teknologi, bahkan membuka usaha usaha kecil pun seperti UKM dan UMKN hingga usaha mikro maupun koperasi tetap membutuhkan teknologi sebagai penopang dan penjunjang, bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok para pelaku usaha,” tuturnya.

ISEI Kaltara akan berperan sangat penting dalam bersinergi dengan kebijakan pemerintah, sehingga di lapangan ISEI menciptakan sinergitas bersama. Misalkan, dalam arah program pembangunan KIPI, Kota Mandiri, Pelabuhan dan peningkatan perekonomian perbatasan seperti program Toko Indonesia hingga BBM satu harga dan lainnya. Karena, Kaltara sebagai penyanggah Ibu kota Negara (IKN) harus menyiapkan diri dengan ketersediaan Infrastruktur dan Sarana Prasarana untuk menunjang pergerakan Ekonomi Kaltara dan Kalimantan secara menyeluruh baik untuk nasional maupun internasional

“Potensi-potensi ekonomi hingga SDA itu sudah ada, Kaltara sudah punya bahan tinggal pengelolaan yang kita maksimalkan, baik di sektor energi, pertambangan, pangan, perkebunan, pertanian, hingga akses jalan dan moda transportasi. Artinya, masyarakat mudah memasarkan produk-produk hasil lokalnya untuk di jual ke luar daerah, nah disinilah peran strategis ISEI Kaltara dalam bersinergi dengan pemerintah,” tuturnya.

“Empat Kabupaten dan satu kota memiliki ciri khas tersendiri dalam pengembangan ekonominya, seperti Tarakan dengan kota jasa, transportasi hingga pariwisata, disini berkembang infrastruktur memadai sebagai penunjang ekonomi Kaltara, lalu Bulungan dan Malinau menjadi lumbung padi, pemanfaatan kehutanan dan perkebunan, Nunukan dengan perdagangan lintas batas negara, hingga KTT yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi perkebunan sawit, tambang batubara dan lain-lain, dengan ini ISEI Kaltara akan mendukung setiap program pemerintah Provinsi dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan sejahtera,” tutur Syaiful Anwar.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi