Connect with us

Covid-19

Misteri Terpecahkan, Pasien Positif Ke-35 Tarakan Tertular Dari Klaster Gowa

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Penanggulangan Covid-19 Tarakan dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes. (ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Tim Gugus Tugas Pencegahan Penanggulangan Covid-19 Tarakan melaporkan bahwa pasien Covid-19 yang ke-35 yakni inisial A (L) 33 tahun warga Kelurahan Karang Anyar RT 3 Tarakan, sudah dilakukan treacing atau riwayat penularannya. Dan diketahui, bahwa pasien positif tersebut terinfeksi dengan pasien dari Klaster Gowa.

“Pasien 35 ini bukan lagi ketemu, tapi dia pernah tinggal beberapa hari dirumahnya si pasien, jadi kita ketahui setelah kemaren melakukan treacing tim di lapangan, ternyata ada riwayat kesitu dan dugaan sementara tertular dari pasien klaster Gowa,” tutur Juru Bicara dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes

Sebelumnya, pasien ke-35 sempat dilakukan rapid test dan dinyatakan negatif dan setelah seminggu kemudian dilakukan lagi rapid test maka diketahui yang bersangkutan positif, sementara hasil Swab juga menunjukkan yang bersangkutan positif Covid-19.

“Jadi setelah hasilnya diketahui positif mulai rapid test itu maka tim medis langsung menempatkan pasien tersebut ke RS Umum Kota,” ujarnya.

Perkembangan kasus Covid-19 pada hari Rabu 6 Mei 2020 :

1. PDP yang dirawat sebanyak 8 orang dan PDP meninggal sebanyak 5 orang

2. Jumlah kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 383 orang. Pemantauan yang dilakukan oleh Puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal ODP sebanyak 113 orang, jumlah ODP selesai menjalani pemantauan sebanyak 270 orang dan dinyatakan sehat serta mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas.

3. Secara kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini sebanyak 490 orang yang sedang dilakukan pemantauan sebanyak 333 orang dan yang selesai dilakukan pemantauan sebanyak 157 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19.

4. Jumlah kumulatif konfirmasi positif sebanyak 35 orang hari ini terdapat penambahan kasus positif

5. Orang/Warga yang melaporkan diri melalui outline dinas kesehatan setelah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit sebanyak 850 orang

Reporter: Aldi S

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Covid-19