Aneh, PKB Plin Plan Dukungan ke Paslon SOBAT

| 101 Views
id Aneh, PKB Plin Plan Dukungan ke Paslon SOBAT
Aneh, PKB Plin Plan Dukungan ke Paslon SOBAT
Kader PKB sesaat Deklarasi SOBAT pada Rabu malam, (20/12/2017) di Tarakan Plaza. (Foto: Dok)

Newstara.com TARAKAN - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) digadang-gadang menjatuhkan pilihannya untuk mendukung pasangan calon (Paslon) SOBAT dalam Pilwali Kota Tarakan periode 2018-2023. Namun, detik-detik penyerahan berkas ke KPUD Tarakan, justru PKB hanya menyerahkan SK tanpa ditanda tangani oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP), sehingga dianggap cacat demi hukum.

"PKB tidak bisa dianggap keabsahannya, dan hanya 4 partai atau 9 kursi saja yang akan mengusung SOBAT, sehingga PKB gagal atau cacat demi hukum," tutur Ketua KPUD Tarakan Teguh Subagyo kepada Newstara.com pada Senin sore, (08/01/2018) sesaat setelah pendaftaran paslon SOBAT.

Sementara Ketua Tim Pemenangan SOBAT, Rudi Hartono mengatakan tanpa PKB pun paslon SOBAT tetap dapat mengikuti dan mendaftarkan ke KPUD Tarakan. Bahkan, sudah memenuhi aturan dan mekanisme yakni lebih dari 5 kursi perolehan suara di DPRD Tarakan.

"Tidak masalah karena kita pun sudah cukup, dan jadinya 4 partai dengan 9 kursi," tutur Rudi Hartono.

Sekedar informasi, beredar disejumlah media sosial (Medsos) dan group Whatsapp (WA) bahwa SK dukungan PKB diberikan kepada pasangan independent yakni Umi Suhartini dan Mahrudin Maddo, yang ditanda tangani lengkap oleh DPP PKB. Namun, aturan mekanisme pendaftaran di KPUD Tarakan, bahwa dukungan partai tidak dibutuhkan jika paslon melalui jalur independent atau perseorangan. Bahkan, salah satu paslon lain seperti Sabirin Sanyong dan Tajuddin Tuwo (SANTUN) sempat meng klaim bahwa mereka juga di usung oleh PKB.

Sebelumnya, saat Deklarasi Tim SOBAT pada Rabu malam, (20/12/2017) di Tarakan Plaza bahwa Ketua DPC PKB Tarakan, M. Nasir Mahmud menyebutkan partainya secara penuh akan mendukung dan memenangkan SOBAT di Tarakan, namun sepertinya Partai Kebangkitan Bangsa kurang berkomitmen alias 'Plin-Plan'.

"Kami akan selalu siap untuk memenangkan SOBAT dan memberikan dukungan secara penuh untuk kemenangan SOBAT, sekali layar terkembang pantang untuk mundur," ujar Ketua DPC PKB Tarakan, M. Nasir Mahmud dihadapan ratusan peserta Tim SOBAT pada Rabu malam, (20/12/2017) pada waktu itu.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar