Ini Dia Alasan PKB Dukung Paslon Independent Umi-Maddo

| 101 Views
id Ini Dia Alasan PKB Dukung Paslon Independent Umi-Maddo
Ini Dia Alasan PKB Dukung Paslon Independent Umi-Maddo
Salah satu sosialisasi paslon Umi-Mado yang beredar di Medsos dan Group WA. (Foto: Dok. Pas Umi)

Newstara.com TARAKAN - Pasangan calon (Paslon) Umi Suhartini dan Mahruddin Maddo, sukses menggelar deklarasi yang dihadiri ribuan masyarakat Kota Tarakan. Bahkan, artis Ibukota Iyet Bustami yang terkenal dengan lantunan lagu-lagu dangdut melayu itu, cukup berhasil menghibur ribuan pendukung istri Bupati KTT Undunsyah di Stadion Datu Adil Tarakan pada Selasa pagi, (09/01/2018).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB, Luluk Nur Hamidah mengatakan pihaknya datang ke Tarakan atas perintah dan membawa nama DPP PKB, untuk mendukung pasangan calon independent Hj. Umi Suhartini dan H. Mahrudin Maddo, sehingga pihaknya berjanji untuk ikut merangkul masyarakat dan simpatisan untuk ikut mendukung pasangan tersebut menuju kursi Walikota dan Wakil Walikota periode 2018-2023.

"Saya belum mendengar ada pernyataan PKB Tarakan, yang jelas saya kesini atas perintah DPP PKB untuk mendukung Pas Umi, dan saya kira kita menghargai politik itu dan kita semua rangkul dan apapun itu siap diperintah dan kita punya organisasi juga tidak seperti itu, kan ini kita baru mulai, baru juga mendaftar dan sama-sama dengan satu kekuatan kita memastikan hadir disini," ujar Luluk sesaat mengantarkan paslon Umi Maddo mendaftar ke KPUD Tarakan.

Sementara, Calon Walikota Hj. Umi Suhartini mengatakan dirinya didukung masyarakat dari berbagai suku dan adat. Bahkan, penggiring yang menggenakan berbagai macam baju adat istiadat di istilahkan sebagai simbol dari berbagai macam suku dan adat yang ada di Kota Tarakan.

"Kita didukung dari berbagai bermacam-macam adat dan suku, sekarang kita berpakaian ada yang pakaian adat Tidung, Jawa, Bugis, juga ada Chiness, Batak, Banjar dan Bulungan, seluruh adat di Tarakan, karena kita Bhineka Tunggal Ika sekitar 200-300 orang saja," ujarnya.

Saat dikonfirmasi terkait dukungan PKB, dikatakan bahwa dirinya menyukai warna hijau dan suka dengan warna simbol PKB yang juga berwarna hijau, sehingga menjatuhkan pilihannya untuk dukungan dari PKB.

"PKB dan kami mencintai Rasulullah, dan kami menyukai warna hijau," ucapnya santai.

Sebelumnya, suami Hj. Umi Suhartini yakni Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Drs. Undunsyah kabarnya memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PKB, H. Muhaimin Iskandar. Bahkan, saat bertandang ke Tarakan beberapa waktu lalu mengatakan posisi Undunsyah adalah salah satu Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.  

Muhaimin sempat memuji kepala daerah dua periode itu sebagai salah satu tokoh terbaik di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dan terbukti memiliki visi dan kemampuan untuk membangun daerah dan dapat ditunjukkan saat memimpin Kabupaten Tana Tidung (KTT).

"Putra terbaik Kalimantan Utara yang terbukti memiliki visi dan kemampuan yang luar biasa dalam membangun daerahnya," tutur Muhaimin kala itu.

Alhasil, salah satu kader DPC PKB Tarakan yang enggan menyebutkan namanya menyebutkan keputusan PKB untuk mendukung Hj. Umi Suhartini dan Mahrudin Maddo tidak lepas dari keterlibatan berbagai pihak, bahkan diduga peran besar sang suami yakni Drs. H. Undunsyah. Namun, apapun sebutannya dalam ranah politik semua dapat dilakukan sepanjang tidak menyalahi aturan dan perundang-undangan Pemilukada.

"Saya kira ini pasti ada campur tangan si Bapak dan ini masih dugaan kami saja, tapi saya kira tidak masalah sepanjang tidak menyalahi aturan Pemilukada, dan kami sebagai kader akan mengikuti perintah dari partai," tutur kader PKB yang tidak ingin namanya disebutkan.

Reporter: Yoko Handani


Baca Juga
Berjaya & Ramayan Dept Store Gelar Festival Pop Dangdut & Spekta 2018
Tanjung Selor Bakal Bangun Mirip Taman Berlabuh Senilai Rp 14,6 Miliar