Connect with us

Covid-19

Pertama Kali Uji Swab, RSUD Tarakan Konfirmasi 1 Balita dan 3 Dewasa Langsung Positif Jadi Total 42 Orang

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaltara di Tarakan. (Ft. Dok)

Newstara.com TARAKAN – Tim Gugus Tugas Percepatan & Penanganan Covid-19 Kota Tarakan untuk pertama kalinya melakukan pemeriksaan uji Sweb di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaltara di Tarakan. Dari 23 sampel spesimen yang dilakukan uji sweb, terdapat 4 orang pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, 23 orang pasien tersebut sudah dilakukan uji Rapid Test dan ada yang dinyatakan positif dan adapula yang dinyatakan negatif. Namun, setelah diepriksa melalui uji Sweb yang dilakukan tim medis laboratorium RSUD Kaltara Tarakan, baru bisa dilakukan konfirmasi pasien positif sebanyak 4 orang pada Senin pagi, (18/05/2020) di Tarakan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan & Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes menyebutkan jumlah kumulatif positif terdapat 42 orang dan terdapat penambahan 4 orang kasus positif Covid-19, mereka antara lain inisial RHW (P) 4 tahun warga Kelurahan Selumit RT 10, BY (P) 49 tahun warga Kelurahan Pamusian RT 30, RS (P) 35 tahun warga Kelurahan Selumit RT 10 dan BD (L) 31 tahun warga Kelurahan Mamburungan RT 17.

“Empat orang pasien tambahan ini punya riwayat kontak erat dengan klaster Gowa, dan ini kita ketahui setelah melakukan treacing kasus, walaupun sudah dilakukan riwayat pasien, dan hari ini kita lakukan pemeriksaan lagi,” ujar dr Devi dalam keterangan persnya.

“Saat ini semua pasien kan sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Kota (RSUK) Tarakan, sebelumnya juga di rawat dengan isolasi mandiri dan kita lihat apakah ada riwayat bepergian apakah peru dilakukan disinfektan atau tidak di area sekitar rumahnya,” sambung dr Devi.

dr Devi juga melaporkan untuk warga yang melaporkan diri melalui hotline Dinas Kesehatan setelah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit sebanyak 851 orang. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sebanyak 8 orang, jumlah kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 522 orang, pemantauan yang dilakukan oleh Puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal ODP sebanyak 167 orang, jumlah ODP selesai menjalani pemantauan sebanyak 355 orang dan dinyatakan sehat serta mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas.

Secara kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini sebanyak 500 orang yang sedang dilakukan pemantauan sebanyak 248 orang, dan yang selesai dilakukan pemantauan sebanyak 252 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19. Sementara, jumlah kumulatif konfirmasi positif sebanyak 42 orang hal ini terdapat 4 penambahan kasus positif Covid-19.

Reporter: Aldi S

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Covid-19